Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perpindahan Gigi Kopling Ganda KIA Seltos Terasa Halus, Ini Alasannya

Radityo Herdianto - Selasa, 4 Februari 2020 | 14:00 WIB
KIA Seltos Menggunakan Dual Clutch Transmission 7 Percepatan
F. Yoshi / Otomotif
KIA Seltos Menggunakan Dual Clutch Transmission 7 Percepatan

GridOto.com - KIA Seltos sudah memakai transmisi otomatis jenis dual clutch transmission atau kopling ganda sebagai standar.

GridOto.com telah mencoba secara langsung bagaimana kehalusan perpindahan gigi KIA Seltos yang biasanya menjadi masalah di dual clutch transmission.

Ternyata dual clutch transmission KIA Seltos memiliki perpindahan gigi yang terasa halus, tidak menghentak atau tersendat.

"Transmisi ini merupakan hasil dari pengembangan internal KIA sendiri, bukan dari produsen lain," ungkap Ridjal Mulyadi, Promotion Department Head PT Kreta Indo Artha kepada GridOto.com.

Karena dikembangkan secara internal, pihak KIA mengklaim transmisi bisa dibuat menyesuaikan dengan mesin yang digunakan.

Sesi Test Drive KIA Seltos
F. Yoshi / Otomotif
Sesi Test Drive KIA Seltos

(Baca Juga: Pakai Transisi Dual Clutch, Kia Seltos Masih Bisa Halus Ketika Macet?)

Produksi mesin yang juga dikembangkan secara bersamaan membuat perpindahan gigi transmisi kopling ganda bisa dibuat halus namun tetap sigap mengikuti karakter mesin.

"Selain itu, dual clutch transmission ini dirancang memiliki closed ratio," tekan Harry Yanto, Product Panning PT Kreta Indo Artha.

Transmisi kopling ganda yang dipakai di KIA Seltos memiliki jumlah perpindahan gigi sebanyak 7 buah, alias transmisi 7 percepatan.

Menurut Harry, penggunaan transmisi 7 percepatan menghasilkan rasio gigi yang rapat, sehingga perbedaan perpindahan setiap gigi sangat kecil yang menghasilkan perpindahan gigi halus.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa