Suka Parkir di Bawah Pohon? Sering-sering Cek Cat Mobil, Coating Bisa Ambyar Karena Serangan Udara!

Ditta Aditya Pratama,Radityo Herdianto - Sabtu, 1 Februari 2020 | 19:37 WIB
Ilustrasi parkir di tepi jalan dan di bawah pohon
Kompas
Ilustrasi parkir di tepi jalan dan di bawah pohon

GridOto.com - Hal paling sepele yang enggak disadari banyak orang adalah sering parkir di bawah pohon bisa bikin bodi mobil baret bahkan hingga karatan dan keropos.

Jangan heran, serangan udara dari atas pohon seperti ranting pohon, getah, serangga, hingga kotoran burung ternyata punya efek ke coating bodi mobil.

"Getah atau kotoran burung itu punya kadar zat asam yang cukup tinggi yang bisa bereaksi dengan lapisan clear coat cat mobil," ungkap Jupiter, pemilik workshop detailing HD Car Care Lebak Bulus kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Zat asam dari kotoran inilah yang akan mengikis lapisan clear coat cat mobil kalau dibiarkan dalam waktu lama.

(Baca Juga: Cara Gampang Mengukur Ketebalan Cat Mobil, Cuma Pakai Alat Ini)

Ketika lapisan clear coat sudah terkikis, kotoran ini akan merusak warna dasar cat mobil yang membuat terlihat bercak pola atau kusam.

Makanya di mobil yang lama ditinggal di bawah pohon dan terbengkalai, biasanya atapnya sangat ringkih dan mudah keropos.

"Kalau sampai mengering, kotoran tersebut lebih cepat meresap ke lapisan dasar warna cat mobil," ujar Stefanus Yoga, pemilik workshop detailing Detailworks Motospa kepada GridOto.com.

Menurut Yoga, bekas kotoran jenis ini yang sudah lama dibiarkan menempel lama sudah tidak mungkin untuk dibersihkan manual.

Noda kotoran burung
Noda kotoran burung

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa