Ganti Speaker Jadi Opsi Terakhir Buat Upgrade Audio Mobil, Mengapa?

Radityo Herdianto - Selasa, 28 Januari 2020 | 08:00 WIB
Tweeter 3way dan speaker split dalam kondisi belum terpasang
Aditya Pradifta
Tweeter 3way dan speaker split dalam kondisi belum terpasang

GridOto.com - Tidak sedikit pemilik mobil yang melakukan upgrade audio mobil karena merasa kurang puas dengan kepunyaan bawaan pabrik.

Salah satunya adalah mengganti speaker mobil untuk meningkatkan kualitas suara dari upgrade audio mobil.

Tetapi penggantian speaker mobil malah menjadi opsi terakhir yang perlu dilakukan jika ingin upgrade audio mobil.

"Speaker bawaan mobil itu sebenarnya sudah bagus, tetapi frekuensi suara yang dihasilkan masih bisa lebih dioptimalkan," buka Tara, pemilik bengkel spesialis audio mobil Kiki Rotary Motor kepada GridOto.com.

Optimalisasi speaker bawaan mobil bisa dilakukan menggunakan fitur equalizer pada head unit yang sudah di-upgrade, jika head unit bawaan belum tersedia fitur ini.

Ilustrasi Speaker Mobil Standar Lexus
Fikrirm
Ilustrasi Speaker Mobil Standar Lexus

(Baca Juga: Budget Rp 4 Jutaan, Anda Bisa Upgrade Audio Mobil Jadi Makin Keren)

Penggantian speaker mobil juga bisa dilakukan jika audio mobil Anda sudah dilengkapi dengan perangkat subwoofer.

"Kalau pengaturan mid dan high frequency speaker bawaan ternyata bisa mengimbangi low frequency subwoofer berarti kan tidak perlu diganti," tekan Tara.

Pemasangan speaker juga disarankan sekaligus untuk melakukan penambahan peredam karena memerlukan pembongkaran door trim.

Sedangkan keperluan peredam tambahan bisa diketahui setelah pemasangan subwoofer untuk menentukan titik mana yang pantulannya bocor atau ada getaran berlebih dari frekuensi rendah yang dihasilkan.

"Pernah ada kasus pemasangan speaker dan peredam duluan malah membuat suara high nya tenggelam setelah dipasang subwoofer karena titik peredamnya tidak sesuai," ujar Tara.

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa