Ini Dia Komponen yang Bikin Mobil Matik Bisa Irit dan Bertenaga

Radityo Herdianto - Jumat, 17 Januari 2020 | 08:00 WIB
Transmisi matik Mazda 3
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Transmisi matik Mazda 3

GridOto.com - Transmisi mobil matik bekerja menggunakan kopling layaknya mobil manual, tetapi menggunakan komponen torque converter.

Di dalam torque converter yang melakukan mekanisme kopling secara komputerisasi, terdapat komponen yang bikin mobil matik bisa tetap irit seperti mobil manual.

"Namanya Converter Clutch, merupakan sebuah kampas kopling atau friction clutch yang terhubung dengan turbin," buka Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com.

Komponen ini berfungsi untuk mencegah slip dan loss power dengan menciptakan rasio putaran 1 : 1 antara mesin dengan input shaft transmisi matik saat mobil melaju di kecepatan tinggi.

Saat transmisi matik bekerja, impeller yang menjadi pompa oli transmisi akan berputar sesuai dengan besaran putaran mesin untuk menciptakan tekanan oli.

Ilustrasi Converter Clutch di dalam Torque Converter Transmisi Matik
mississaugatransmission.com
Ilustrasi Converter Clutch di dalam Torque Converter Transmisi Matik

(Baca Juga: Sebaiknya Tuas Transmisi Matik di N Saat Berhenti, Ternyata Karena Ini)

Tekanan oli ini menciptakan energi untuk memutarkan turbin yang terhubung dengan input shaft untuk menggerakan clutch di dalam girboks dan as roda penggerak.

"Tapi putaran mesin yang diteruskan dari impeller tidak mampu memutar turbin dan input shaft dengan rasio 1 : 1, ada energi yang terbuang di antara impeller dan turbin," jelas Hermas.

Di sinilah tugas converter clutch, dimana saat mobil melaju sekitar di atas 60 km/jam komponen ini akan menempelkan turbin ke bagian dalam casing torque converter yang putarannya sama dengan putaran impeller.

Terciptalah rasio putaran 1 : 1 antara impeller dengan turbin, energi dari tekanan oli yang tidak bisa mengimbangi rasio putaran dibantu dengan converter clutch.

"Untuk mobil matik era akhir 1970-an cenderung lebih boros dan lemot karena belum dilengkapi dengan converter clutch," tutup Hermas.

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa