Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Sampai Salah Beli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Yang Pernah Kena Banjir

Harun Rasyid - Kamis, 9 Januari 2020 | 08:39 WIB
Datsun GO yang akan diperbaiki akibat terendam banjir
Harun/GridOto.com
Datsun GO yang akan diperbaiki akibat terendam banjir

GridOto.com - Bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya membuat sejumlah mobil rusak akibat terendam air luapan sungai.

Akibatnya mobil yang terdampak banjir harus mengalami perbaikan dari yang skalanya kecil sampai besar-besaran mulai dari mesin, interior hingga bodi yang tentunya memakan biaya tak sedikit.

Hal ini juga yang membuat banyak orang memutuskan menjual mobil yang habis terkena banjir.

Karena pernah mengalami kerusakan yang banyak dan bakal mempengaruhi performa kendaraan, membeli mobil bekas banjir pastinya sangat tidak direkomendasikan.

(Baca Juga: Mobil Bekas Banjir Jadi Hal Menakutkan, Sekarang Justru Waktu Yang Tepat Untuk Beli, Kenapa?)

Untuk itu, demi menghindari membeli mobil rekondisi bekas banjir bisa diketahui dari beberapa ciri yang terlihat di bagian fisik kendaraan.

"Masyarakat harus hati-hati dalam membeli mobil bekas karena kotoran di mobil yang pernah terkena banjir itu bisa dibersihkan," kata Adam, Owner showroom mobil bekas, Banjar Anugrah Auto di Cibubur, Jakarta Timur.

Ilustrasi mobil Peugeot yang habis terkena banjir
istimewa
Ilustrasi mobil Peugeot yang habis terkena banjir

"Tapi biasanya di bagian yang mempunyai lekukan dan sela-sela seperti bagian mesin biasanya menguning," jelas Adam lagi kepada GridOto.com, Rabu (8/1/2020).

Adam menerangkan mobil bekas yang terkena banjir terdapat kotoran atau pasir di bagian karpetnya.

"Selain itu pembeli juga bisa cek warna oli mesin yang warnanya udah lain seperti warna susu dan kalau banjirnya sampai merendam bagian interior biasanya juga ada kotoran seperti pasir di balik karpet bawahnya," terang Adam.

Mobil bekas banjir yang lama didiamkan, menurut Adam bagian interiornya juga punya bau yang tidak sedap akibat rendaman air banjir.

Interior Toyota Avanza penuh lumpur setelah terendam banjir
Wisnu/GridOto.com
Interior Toyota Avanza penuh lumpur setelah terendam banjir


"Bagian interior yang lama didiamkan terendam banjir biasanya akan berbau tidak sedap dan bisa menguning juga karena terendam air banjir yang kotor, kecuali baru terkena banjir langsung dibersihkan mungkin baunya bisa hilang," kata Adam.

(Baca Juga: Jual Mobil Bekas Banjir, Pemilik Bisa Rugi Banyak Sampai Puluhan Juta!)

Adam menambahkan, selain mengetahui ciri fisik konsumen juga harus waspada dengan harga jual mobil bekas banjir.

"Karena sudah diperbaiki pasti harga jual gak mungkin jauh lebih rendah karena si penjual atau pemiliknya belum tentu mau jual rugi. Kecuali yang bodinya penyok-penyok karena terseret arus banjir yang deras, dan dalamnya sampai ke atap mobil," tutupnya.

Nah jadi sudah tahu kan ciri-ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir, tapi tetap harus teliti sebelum membeli ya sob.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa