Misteri Belalai di Balik Fairing Moge Tua, Ternyata Ini Fungsinya

Dimas Pradopo - Jumat, 29 November 2019 | 20:00 WIB
Kawasaki Ram Air System (KRAS)
Kawasaki Ram Air System (KRAS)
GridOto.com - Banyak yang bertanya, apa sih fungsi belalai di atas setang di balik fairing motor-motor sport lawas.

Contohnya seperti yang terpasang di Kawasaki ZXR-250, pendahulu Ninja 250 4 silinder yang motornya pernah kita coba. Videonya sudah tayang loh di youtube channel OTOMOTIF TV, link-nya ada di bawah ini;
 

Ternyata pipa elastis yang bentuknya mirip selang pembuang pada mesin cuci ini fungsinya untuk mengarahkan angin dari depan ke bagian tertentu.

Pada Kawasaki, teknologi ini disebut dengan nama Kawasaki Ram Air System (KRAS). Yup sebagai ram air dengan tujuan yang bermacam-macam.

Ada yang langsung mengarahkan angin ke airbox untuk menambah debit udara ke ruang bakar saat kecepatan tinggi. Tapi ada juga fungsi lain.
 
Kawasaki Ram Air System (KRAS)
Kawasaki Ram Air System (KRAS)


"Kalau di Kawasaki ZXR-250 anginnya di arahkan ke kiprok," jelas Eko Agus Fidrianto pemilik Kawasaki ZXR-250 tahun 1993 yang kami coba motornya.

Dari lubang di fairing, udara diarahkan tembus ke bawah tangki bahan bakar langsung mendinginkan kiprok dan mengarah ke radiator juga ruang mesin.

Sedang airbox filter di belakangnya tidak langsung terpapar udara deras dari air ram ini. Meski begini, tetap saja memberikan kontribusi udara segar di sekitar mesin.

Jadi sudah paham ya, enggak penasaran lagi hehee..
 
 
Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa