Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BKPM Minta Hyundai Gunakan Bahan Baku dari Dalam Negeri

M. Adam Samudra - Rabu, 27 November 2019 | 09:05 WIB
Presiden Joko Widodo kunjungi markas Hyundai
Humas staf Kepresidenan
Presiden Joko Widodo kunjungi markas Hyundai

GridOto.comHyundai Motor Company akan mulai membangun pabrik kendaraan bermotor di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Desember mendatang.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta pihak Hyundai agar dalam berproduksi, mereka memaksimalkan penggunaan bahan baku dari Indonesia dan bekerjasama dengan pengusaha lokal.

"Seperti menggunakan bahan baterai dari Morowali, ban dan karet dari dalam negeri, sehingga nantinya semua mobil listrik yang di produksi di Indonesia menggunakan bahan dari dalam negeri," kata Bahlil, Rabu (27/11/2019).

(Baca Juga: Enggak Ada Penundaan Lagi, Jalan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung Diresmikan Presiden Jokowi Jumat Besok)

Bahlil menambahkan, Hyundai akan berinvestasi di Indonesia dengan melakukan pembangunan pabrik yang berlokasi di Jawa Barat.

“Hyundai akan melakukan investasi di Indonesia. Mereka akan beroperasi pada Januari 2020, di Cikarang, Jawa Barat,” ucap Bahlil.

Menurutnya, investasi yang dilakukan Hyundai di Indonesia bisa memberikan nilai tambah yang besar untuk perekonomian Indonesia, seperti penyerapan 3.500 tenaga kerja dan pengembangan pusat pelatihan, penelitian, serta pengembangan mobil listrik.

Realisasi investasi Hyundai Motor Company di Indonesia direncanakan akan dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahun 2019–2021 dan tahun 2022–2030.

(Baca Juga: Dikabarkan Kembali Jabat Menteri PUPR, Ternyata Basuki Hadimuljono Pernah Diajak Mantan Presiden Timor Leste Naik Mini Moke Sob!)

Pada fase pertama Hyundai akan berfokus pada investasi pabrik pembuatan mobil Hyundai dan akan mengekspor setidaknya 50 persen dari total produksi.

Sementara itu, fase kedua akan berfokus pada pengembangan pabrik pembuatan mobil listrik, pabrik transmisi, penelitian dan pengembangan (R&D), pusat pelatihan, dan produksi Hyundai akan diekspor sebanyak 70 persen.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa