Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wuih! Korea Selatan Minat Buat Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia, Ini Kotanya

M. Adam Samudra - Kamis, 21 November 2019 | 13:50 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama jajaran melakukan meeting bersama para direksi dari perusahaan Korea Selatan
Humas Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersama jajaran melakukan meeting bersama para direksi dari perusahaan Korea Selatan

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan investasi dari Korea Selatan, terutama di dalam bidang otomotif. 

Upaya ini dilakukan untuk memperdalam struktur industri di dalam negeri, sebab Korsel memiliki sejumlah korporasi yang telah berperan dalam rantai pasok global.

“Salah satu perusahaan dari Korsel, yakni LG Chemical, telah menyampaikan minatnya untuk berinvestasi membangun pabrik baterai terintegrasi di Indonesia, yang meliputi pabrik baterai sel, baterai modul, hingga fasilitas daur ulang baterai,” Kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

(Baca Juga: Komentar Kemenperin Soal Perkembangan Modifikasi di Indonesia)

Agus bersama jajaran melakukan meeting dengan direksi LG Chemical.

Dari hasil pertemuan tersebut, LG Chemical berkomitmen menanamkan investasinya senilai USD2,3 miliar.

“LG ingin melakukan investasi di ASEAN. Indonesia merupakan salah satu yang menjadi fokus,” ungkap Agus di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Menurut Agus, LG Chemical sudah melakukan kajian agar investasinya di Indonesia dapat sesuai rencana.

(Baca Juga: Komentar Kemenperin Soal Perkembangan Modifikasi di Indonesia)

Korporasi raksasa asal Negeri Ginseng itu juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan studi penggunaan baterai listrik sepeda motor untuk penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

“LG berniat untuk melakukan penelitian dan mendukung studi, melakukan kajian-kajian untuk kendaraan, terutama sepeda motor listrik,” paparnya.

Agus pun mengungkapkan, pihaknya menyambut baik rencana LG tersebut.

Ia juga menyarankan untuk memilih Surabaya, Jawa Timur sebagai wilayah yang akan diuji coba dengan penggunaan motor berbaterai besutan LG Chemical.

“Surabaya sangat ingin untuk mendukung lingkungan yang sehat. Ini merupakan satu kesatuan yang diharapkan sesuai dengan harapan LG dan Indonesia, yang sama-sama saling menguntungkan,” ujarnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa