Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren: Ford EcoSport Punya 'Penyakit' di Transmisi, Pelajari Dulu Sebelum Membeli

Naufal Shafly - Minggu, 17 November 2019 | 16:06 WIB
Ilustrasi Ford Ecosport
Ford
Ilustrasi Ford Ecosport

GridOto.com - Sebelum memboyong Ford EcoSport incaran, ada baiknya kalian mempelajari dulu penyakit khas mobil ini.

Menurut Heru, Owner Eyna Motor bengkel spesialis Ford di Ciputat, Tangerang Selatan, Ford EcoSport memiliki penyakit di bagian transmisi dual clucth-nya.

"Penyakitnya sih umum, sama kayak Fiesta. Tapi kalau EcoSport sih kebanyakan dual clutch. Jadi ketika dipakai jalan mobil suka getar di tarikan awal," jelas Heru.

Makin lama, getaran ini akan semakin berasa dan membuat pengemudi tak akan nyaman saat mengendarainya.

(Baca Juga: Seken Keren: Pilihan SUV 'Mini' di Bawah Rp 180 Jutaan, Bisa Dapat Merek Amerika dan Jepang!)

Berdasarkan keterangannya, penyakit ini tak bisa dihilangkan, bahkan jika diganti dengan komponen baru pun masalah ini akan tetap timbul.

"Kalau ilang sih gak bisa, paling hanya bisa dikurangi getarnya. Itu biasanya bagian TCM (Transmission Control Modul) disetting ulang," paparnya.

"Kalau mau diturunin transmisinya, jasanya Rp 1,5 juta, ganti baru biayanya sekitar Rp 10 jutaan. Itu pun gak akan bisa ilang, biasanya mulai getar lagi ketika pemakaian 5-10 ribu kilometer," jelas Heru.

Sebagai informasi, dual clucth transmission adalah jenis transmisi yang menggunakan kopling ganda untuk pengoprasian sistem transmisinya.

(Baca Juga: Seken Keren: Cari SUV Desain Modern dan Irit BBM, Harga Ford EcoSport Cuma Rp 120 Jutaan!)

Girboks ini merupakan transmisi manual yang diberi dua kopling agar transmisi dapat berpindah otomatis.

Simpelnya, dual clutch adalah sistem manual yang diotomatiskan, kopling ganda berperan untuk menggantikan peran kaki manusia dalam menekan kopling pada mobil bertransmisi manual.

Sesuai namanya, jenis transmisi ini menggunakan dua buah kopling (ganda) untuk mengoperasikan sistem tranmisi. Sejatinya girboks ini merupakan transmisi manual yang diberi dua kopling agar transmisi dapat berpindah otomatis yang juga berfungsi menggantikan peran kaki untuk menekan kopling. "Teknologi ini sebenarnya kopling manual yang diotomatiskan. Penggunaan kopling ganda berperan untuk mengganti kerja kaki dalam menekan koling pada mobil manual, perpindahan gigi pun lebih cepat dibandingkan girboks otomatis versi konvensional,"

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " Penyakit Kopling Ganda Ford Fiesta dan EcoSport", https://sains.kompas.com/read/2016/02/11/100500730/.Penyakit.Kopling.Ganda.Ford.Fiesta.dan.EcoSport.
Penulis : Stanly Ravel

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa