Bisa Enggak Mika Lampu atau Panel Instrumen Motor Dilapis Coating?

Muhammad Farhan - Senin, 11 November 2019 | 19:40 WIB
Panel instrumen berlayar LCD dengan latar berwarna biru
Rianto Prasetyo
Panel instrumen berlayar LCD dengan latar berwarna biru

GridOto.com - Penasaran, bisakah komponen di motor dengan bahan mika seperti reflektor lampu atau panel instrumen motor dilapis coating?

Seiring pemakaian, bahan mika yang terbuat dari plastik bisa mengalami kusam atau retak akibat kebiasaan pengendara atau kondisi cuaca.

Mirip seperti permukaan lapisan cat, ternyata bahan mika plastik bisa diberikan lapisan coating dengan manfaat yang sama.

“Dari pabrikan, mika plastik sudah punya lapisan khusus agar lebih tahan kusam dan retak. Adanya lapisan coating tambahan bisa memperkuat hal tersebut,” ujar Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa, Bintaro, Tangerang Selatan.

(Baca Juga: Sudah Masuk Musim Hujan, Jok Motor Jangan Dibiarkan Seperti Ini)

Dengan lapisan coating tambahan, bahan mika plastik akan memiliki kemampuan efek daun talas yang berguna mengurangi risiko timbulnya waterspot dan yellowing.

Namun pada motor tertentu, memberi perlindungan dengan lapisan coating di bagian panel instrumen tidak dapat diterapkan.

Ilustrasi panel instrumen LCD di poles
Radityo Herdianto
Ilustrasi panel instrumen LCD di poles

“Beberapa motor keluaran terbaru tidak lagi dilapisi mika namun hanya lapisan film LCD, sehingga lebih baik dilindungi pakai screen protector atau tempered glass seperti handphone kalau ada,” ungkapnya.

Sebab cairan coating bekerja mengisi celah pada bahan dasar yang berpori seperti lapisan pernis atau permukaan mika plastik.

(Baca Juga: Awas.. Jangan Bersihkan Kepala Busi Pakai Amplas Atau Sikat Kawat)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa