Tidak Gunakan Helm dan Pengendara di Bawah Umur Masih mendominasi Pelanggaran Pada Operasi Zebra Lodaya 2019

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 9 November 2019 | 10:07 WIB
Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya di Kota Cimahi, Jawa Barat
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya di Kota Cimahi, Jawa Barat

GridOto.com - Selama Operasi Zebra Lodaya yang dilaksanakan sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019, Polres Cimahi menjaring 16.287 pelanggar lalu lintas.

Kepala Bagian Operasi (KBO), Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar, mengatakan, dari jumlah pelanggar itu, yang paling mendominasi yakni pengendara motor.

"Seperti tak mengenakan helm, anak di bawah umur, tidak dilengkapi dengan kaca spion dan pelanggaran surat-surat berkendara. Kebanyakan gak pakai helm sama anak di bawah umur (belum memiliki SIM)," ujarnya, dikutip dari TribunJabar.id, Jumat (8/11/2019).

(Baca Juga: Lampaui Target, Segini Jumlah Pelanggar yang Teraring Razia Polres Sragen Selama Operasi Zebra 2019)

Dengan banyaknya, jumlah pelanggaran lalu lintas tersebut, pengendara di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) tingkat kesadaran tertib berlalu lintasnya hingga saat masih rendah.

Ia mengatakan, angka pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Cimahi meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang jumlahnya mencapai itu ada 11.063 pelanggar.

"Untuk menekan angka pelanggaran itu, kami rutin melakukan edukasi dan sosialisasi. Di antaranya dengan program Pendidikan Masyarakat (Dikmas) ke sekolah-sekolah dan kelompok masyarakat," katanya.

(Baca Juga: Operasi Zebra Jaya 2019 Selesai, Sebanyak 117.895 Kendaraan Terjaring Razia)

Selain itu, pihaknya juga akan memperketan operasi secara stasioner dan memasang banner imbauan disetiap jalan protokol dan mengadakan sosialisasi melalui media sosial.

Pihaknya berharap, dengan adanya pelaksanaan operasi ini, masyarakat khususnya pengendara harus lebih menyadari akan pentingnya tertib lalu lintas agar angka kecelakaan bisa diminimalisir.

"Jadi tidak hanya pas ada polisi saja tertibnya, tapi jadi kebiasaan untuk patuh dan tertib lalu lintas," kata Duddy.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul 16.287 Pelanggar Lalu Lintas di Cimahi dan KBB Terjaring Razia saat Operasi Zebra Lodaya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : Tribunjabar.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa