Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Samsat Harus Siapkan Ini Sebelum Terapkan Penggolongan SIM C

Dia Saputra - Senin, 21 Oktober 2019 | 18:04 WIB
Ilustrasi Surat Ijin Mengemudi
polri.go.id
Ilustrasi Surat Ijin Mengemudi

GridOto.com - Penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pengendara sepeda motor sudah direncanakan dan akan diterapkan pada tahun depan.

Nantinya, SIM untuk pemotor atau SIM C ini akan dibedakan berdasarkan kapasitas mesin motor yang digunakan.

Jadi jika ingin menggunakan motor bermesin kapasitas besar maka harus memiliki SIM C khusus untuk motor berkapasitas besar.

Dan jika ingin menggunakan motor berkapasitas mesin kecil maka harus memiliki SIM untuk pengendara motor berkapasitas mesin kecil.

(Baca Juga: Pengamat Transportasi Sebut Bikin SIM Perlu Tes Psikologi, Kenapa?)

Meski rencana ini mendapat sambutan baik, tapi menurut Pendiri sekaligus instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, adanya penggolongan SIM harus dilakukan secara kompleks jangan hanya dijadikan sebuah proyek percontohan saja.

Dilansir dari Kompas.com, Jusri mengatakan, ini rencana bagus seperti yang sudah saya bilang, tapi nanti dalam pelaksanaannya harus tegas dan menyeluruh.

"Artinya jangan hanya ada di kota-kota besar, tapi tidak menyeluruh sampai daerah-daerah lain, jadi sebaiknya pihak kepolisian juga harus mematangkan infrastrukturnya," kata Jusri.

(Baca Juga: Simak Nih Deretan Helm Yang Pernah Dipakai Presiden Jokowi Kala Riding, Ada Yang Cuma Dibawah Rp 500 Ribuan)

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa