Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VW Tiguan Allspace Rakitan Lokal, Lebih Murah Dibanding CBU, Segini Bedanya

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 4 Oktober 2019 | 18:37 WIB
VW Tiguan Allspace di GIIAS 2019
Wisnu Andebar/GridOto.com
VW Tiguan Allspace di GIIAS 2019

GridOto.com - Sebelumnya telah ramai diberitakan kalau PT Garuda Mataram Motor (GMM) merakit mobil SUV Volkswagen Tiguan Allspace mereka di dalam negeri.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, Presdir PT GMM, Andrew Nasuri, mengatakan bahwa hal itu dilakukan agar mobil tersebut bisa menjangkau banyak orang.

“Kami sengaja memproduksi VW di Indonesia sehingga lebih banyak orang yang dapat memiliki merek VW, karena dengan diproduksi di Indonesia harga menjadi lebih kompetitif,” ujarnya.

Chief Operating Officer PT GMM, Jonas Chendana, mengatakan bahwa metode perakitan yang mereka pilih adalah Middle Knock-Down (MKD).

“Dari Jerman parts-nya sudah terurai, jadi di sini tinggal dirakit kayak LEGO. Tapi tidak ada coating dan stamping, kalau sudah ada itu namanya complete knock-down,” ujarnya.

(Baca Juga: Volkswagen Serahkan Mobil SUV Tiguan Allspace Kepada 5 Pembeli Pertama)

Tapi seberapa besar terpangkasnya harga Tiguan Allspace dengan menggunakan metode MKD di pabrik mereka di CIkampek, Jawa Barat tersebut?

Jonas mengatakan bahwa pihaknya pernah meluncurkan New Tiguan impor dengan harga sekitar Rp 700 juta dengan kurs euro yang sekarang.

“Kalau dilihat sekarang begitu dirakit di sini harganya jadi Rp 598 Juta, lumayan banyak susutnya,” tukas Jonas.

Yup, dengan merakit Tiguan Allspace di Indonesia, harga mobil tersebut bisa mengalami penghematan biaya sebesar kurang lebih Rp 100 juta.

“Tentunya ini menguntungkan konsumen, meskipun kami harus berinvestasi lebih dulu,” pungkasnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa