Viral Pemalakan di Tol Trans Sumatera Arah Palembang, Begini Tanggapan Pengembang

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 1 Oktober 2019 | 10:15 WIB
Tangkapan layar video pemalakan yang terjadi di Tol Trans Sumatera arah Palembang
Instagram @romansasopirtruck
Tangkapan layar video pemalakan yang terjadi di Tol Trans Sumatera arah Palembang

GridOto.com - Viral di media sosial Instagram tentang pemalakan yang terjadi di Tol Lintas Sumatera arah Palembang, tepatnya di Sodong, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Video yang dibagikan akun @romansasopitruck pada Sabtu (29/9/2019) tersebut memperlihatkan dump truck yang sedang melaju di Tol Lintas Sumatera arah Palembang yang sepi.

Terlihat deretan beberapa orang yang diduga sebagai pemalak dan memberhentikan truk yang sedang melintas satu-persatu.

Tiap truk yang lewat diberhentikan dan dimintai sejumlah uang yang tak sedikit jumlahnya, bahkan dalam video, nampak si pengemudi sudah menyiapkan uang hingga nominal Rp 50 ribu.

Dari caption postingan tersebut juga dapat diketahui kalau sang sopir sudah menghabiskan Rp 500 ribu untuk para pemalak.

(Baca Juga: Video Aksi Pemalakan Terhadap Sopir dan Penumpang Taksi Online di Ancol)

Mengutip dari Kompas.com, pada Senin (30/9/2019), Pengembang Tol Trans Sumatera Hutama Karya melalui Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, M. Fauzan mengatakan peristiwa yang terjadi di video dan viral tersebut terjadi di ruas tol yang belum beroperasi.

Sebab Sodong masuk dalam ruas tol Terbanggi besar-Pematang panggang-Kayu Apung sepanjang 189 km.

"(Tol) sudah selesai fisik, sekarang tahap uji layak operasi dari Kementerian PUPR. Dan dijadwalkan diresmikan 10 Oktober 2019," katanya, dikutip dari Kompas.com.

Lantaran belum diresmikan, kendaraan umum, imbuhnya juga belum diperbolehkan lewat. Saat disinggung terkait adanya pemalakan truk di video tersebut, pihaknya memastikan bahwa truk yang dimaksud merupakan truk milik kontraktor yang terlibat dalam pengerjaan tol tersebut.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa