Kandungan Lokal Toyota Calya Baru Lebih Rendah Ketimbang Avanza, Tapi Lebih Tinggi dari Esemka

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 16 September 2019 | 19:55 WIB
Toyota Calya terbaru 2019
Rianto Prasetyo
Toyota Calya terbaru 2019

GridOto.com - Kehadiran Calya baru menjadikanya sebagai model ke-8 yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) sepanjang 2019.

Mengusung slogan 'Partner in Times', model ini akhirnya mendapatkan improvement pada sisi eksterior dan interior setelah tiga tahun meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Begitu juga dengan harga Entry Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-penumpang ini yang turut berubah, atau mengalami kenaikan Rp 1 jutaan untuk tipe E dan Rp 2 juta untuk tipe G dari generasi sebelumnya.

Walaupun pihak TAM mengklaim, Calya terbaru ini masih menggunakan skema pajak lama dari low cost green car (LCGC), yang selama ini menikmati PPnBM 0 persen alias bebas pajak.

(Baca Juga: Toyota New Calya Resmi Diluncurkan, Harga Naik dari Versi Sebelumnya!)

Dengan adanya beberapa ubahan dan masih masuk dalam skema LCGC, lantas seberapa besar kandungan lokal pada Calya terbaru ini?

Mengingat syarat kandungan lokal (local content) atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk mobil murah minimal 85 persen.

Menanggapi hal itu, Fransiscus Soerjopranoto, selaku Executive General Manager TAM menjelaskan, bahwa kandungan lokal dari Calya baru masih sama dengan model sebelumnya, yakni di atas 90 persen.

"Tetap (sama dengan generasi sebelumnya), 94 persen," ujar Soerjo saat dihubungi GridOto.com, Senin (16/9/2019).

(Baca Juga: Versi Baru Siap Dirilis, Model Lawas Toyota Calya Lebih Diminati Ketimbang Daihatsu Sigra di Agustus 2019)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X