Mobil Presiden Mogok Lagi Saat Mundur, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Radityo Herdianto - Jumat, 6 September 2019 | 15:31 WIB
Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019)
Kompas.com
Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019)

GridOto.com - Mobil Kepresidenan RI kembali mengalami mogok ketika hendak mundur saat kunjungan kerja di Pontianak, Kalimantan Barat (5/9).

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic memberikan analisa dari sudut pandang transmisi matik yang dialami mobil presiden ini.

"Kalau mesin masih hidup, mobil tidak bergerak saat masuk ke gigi R atau D, sementara lampu indikator transmisi sesuai dengan posisi tuas berarti ada indikasi transmisi rusak," ujar Hermas.

Kerusakan transmisi ini bisa jadi karena ada faktor kegagalan sistem mekanis, hidraulis, elektrikal, dan modul komputer transmisi otomatis.

Ilustrasi. Transmisi otomatis
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Ilustrasi. Transmisi otomatis

(Baca Juga: Mobil Dinas Presiden Jokowi Mogok Lagi di Kalimantan, Mesin Mati saat Mundur)

Sistem mekanis meliputi komponen yang berkaitan dengan mekanikal penggerak transmisi yang ada di dalam girboks seperti kopling, gir set, torque converter, serta as penghubung yang sudah aus karena usia pemakaian.

"Kegagalan sistem hidraulis bisa jadi karena oli tidak sesuai dengan spek, penggantian oli transmisi yang tidak diperhatikan, adanya kebocoran saluran oli dan pompa oli matik," jelas Hermas.

Lalu sistem elektrikal yang meliputi jalur kabel dan sensor berhubungan dengan sistem modul komputer sebagai otak dari transmisi otomatis.

Perangkat elektrikal memiliki batas usia pakai dan harus segera diganti bila sudah mengalami penurunan atau tidak aktif.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa