ABB Indonesia Siap Mendukung Industri Kendaraan Listrik Nasional

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 6 September 2019 | 10:30 WIB
AC Charging Station lansiran ABB.
Pradana/GridOto.com
AC Charging Station lansiran ABB.

GridOto.com - PT ABB Sakti Industri (ABB Indonesia), menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung industri kendaraan listrik nasional.

“Untuk mendapatkan transportasi yang hijau dengan kendaraan listrik, semua itu harus ditunjang oleh infrastruktur untuk pengisian baterai,” kata Direktur ABB Indonesia, Dodon Ramlie di IEMS 2019, Jakarta (5/9).

Karena itu, ia mengatakan bahwa pihaknya telah menghadirkan stasiun pengisian listrik (SPL) milik ABB di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Serpong, Tangerang, Banten.

“Di dunia, kami sudah memiliki install base yang besar, kurang lebih 80 ribu charging station (SPL) di 68 negara, dan salah satunya berada di BPPT Serpong,” ungkapnya.

(Baca Juga: Anies Baswedan Berkunjung di Penghujung IEMS 2019, Sempat Coba Mobil Single Seater!)

Ia mengatakan bahwa hingga kini sudah ada sekitar 6 juta kendaraan listrik di jalanan, dan penjualannya meningkat setiap tahun.

Karena itu, pihaknya ingin mengajak baik BUMN maupun swasta untuk bekerja sama guna mengantisipasi kebutuhan pengisian daya tersebut di Indonesia.

Dodon Ramlie, Direktur ABB Indonesia di IEMS 2019.
Pradana/GridOto.com
Dodon Ramlie, Direktur ABB Indonesia di IEMS 2019.

“Kami telah memiliki teknologi charging yang memenuhi standar internasional, dan akan melakukan riset kebutuhan tersebut bersama dengan pihak terkait,” ujarnya.

ABB Indonesia sendiri memiliki berbagai produk SPL, mulai dari AC charger berdaya rendah hingga DC charger yang bisa mengisi baterai bus elektrik dalam waktu kurang dari 10 menit.

Tetapi perangkat charger milik ABB Indonesia masih diimpor dari markas pusat mereka di Italia, karena masih menunggu aturan pemerintah soal kendaraan listrik terkait standardisasi.

“Standardisasi itu penting untuk menyeragamkan jenis plug yang dipakai untuk charging mobil listrik,” pungkasnya.


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa