Elektro Dumper, Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Ternyata Truk Tambang

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 27 Agustus 2019 | 15:25 WIB
Elektro Dumper, kendaraan listrik terbesar di dunia
Car and Driver
Elektro Dumper, kendaraan listrik terbesar di dunia

GridOto.com - Kendaraan listrik saat ini berkembang sangat pesat, sebagian besar mesin listrik digunakan pada kendaraan seperti mobil maupun motor.

Sedangkan untuk keperluan pekerjaan berat, banyak yang berpendapat mesin diesel yang boros bahan bakar, lebih dapat diandalkan daripada mesin elektrik.

Namun anggapan tersebut kini dapat dimentahkan dengan hadirnya Elektro Dumper, kendaraan listrik terbesar di dunia yang mematahkan anggapan mesin listrik tidak bisa digunakan untuk pekerjaan berat.

Elektro Dumper merupakan truk tambang yang digunakan untuk mengangkut material kapur yang akan diangkut ke pabrik semen.

(Baca Juga: Mobil Listrik Ini Kok Enggak Ada Soket Ngecas-Nya? Oh Di Sini Ternyata)

Ada hal yang mengesankan dari truk listrik ini, meskipun terus-terusan melakukan pekerjaan berat, truk listrik ini tidak perlu melakukan pengisian daya!

Lantas bagaimana pengisian tenaga truk listrik Elektro Dumper?

Ternyata untuk mengisi dayanya, Elektro Dumper menggunakan sistem pengereman regeneratif yang digunakan untuk menangkap energi yang diciptakan saat truk menuruni bukit.

Sistem pengereman tersebut secara otomatis mengisi ulang muatan baterai untuk dijadikan tenaga saat truk melakukan perjalanan menanjak.

Elektro Dumper menggunakan basis model truk tambang Komatsu HD605-7 yang memiliki dimensi panjang 9,1 meter, lebar 4,2 meter, dan tinggi 4,2 meter.

Elektro Dumper dilengkapi baterai lithium-ion berkapasitas 600 kWh dengan berat 4 ton.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi
Sumber : Car and Driver

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa