Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Cuma Mobil Jokowi, Mendagri Keluhkan Toyota Crown Royal Saloon Karena Sering Mogok

Harun Rasyid - Sabtu, 24 Agustus 2019 | 14:55 WIB
Mobil dinas lama Menteri Jokowi, Toyota Crown Royal Saloon
Mobil dinas lama Menteri Jokowi, Toyota Crown Royal Saloon

GridOto.com - Penggantian Toyota Crown Royal Saloon G sebagai mobil dinas Menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf periode 2019 hingga 2024 akhir-akhir ini ramai dibicarakan.

Toyota Crown Royal Saloon G, merupakan mobil warisan periode kedua Menteri kabinet Susilo Bambang Yudhoyono yang kini masih dipakai para Menteri Presiden Jokowi.

Terhitung, Toyota Crown Royal Saloon G tersebut kini telah berumur satu dekade dan kerap bermasalah.

Salah satunya dialami mobil dinas Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang menurutnya mobil tersebut sering mogok.

(Baca Juga: Ramai Toyota Crown Baru Jadi Mobil Menteri, Keren Juga Kalau Dimodif Elegan)

Dilansir GridOto dari Tribunmanado.co.id, Tjahjo mendukung kebijakan pemerintah yang ingin meregenerasi mobil dinas Menteri dengan Toyota Crown 2.5 HV G Executive terbaru.

Tjahjo mengatakan, pembelian kendaraan dinas baru memang perlu, sebab mobil dinas lama sudah beroperasi 10 tahun sejak mobil itu diproduksi.

“Yang penting semua prosedur sudah dilalui sesuai mekanisme yang ada, baik tender secara terbuka maupun penganggaran terbuka disetujui DPR,” kata Tjahjo, Sabtu (24/8/2019).

Tjahjo mengaku, meski masih layak, mobil dinas Toyota Crown Royal Saloon yang selama ini ia gunakan sering mogok.

(Baca Juga: Spesifikasi Toyota Crown 2.5 HV G Executive, Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi)

“Mobil dinas Crown yang saya pakai masih bisa jalan dan dipakai, walau saya sering turun di jalan, pindah ke mobil patroli pengawal (patwal) karena mendadak mogok di jalan,” ujarnya.

Tjahjo menuturkan, pemakaian mobil selama 10 tahun merupakan standar ideal pemakaian.

"Jika lebih dari itu, mobil harus dirawat ekstra demi menghindari kurangnya performa kinerja suku cadang yang berpengaruh pada aspek keselamatan pengguna," terangnya.



Mobil dinas baru para Menteri, yakni Toyota Crown 2.5 HV G Executive merupakan mobil hybrid dengan penggerak empat roda (4WD).

(Baca Juga: Toyota Crown, Sejarah Panjang Mobil Dinas Menteri di Indonesia)

Mobil sedan hybrid tersebut, dibekali mesin 4 silinder 2.487 cc yang menghasilkan tenaga 181 dk, harganya diperkirakan Rp 845 jutaan.

Artikel ini telah tayang di Tribunmanado.co.id dengan judul, Mendagri Ngaku Mobil Dinasnya Sering Mogok Seperti Mobil Kepresidenan Presiden Jokowi


Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Tribunmanado.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa