Ngecasnya Pakai SPLU ‘Standar,’ Segini Jarak Tempuh Mobil Balap Formula E

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 21 Agustus 2019 | 19:15 WIB
Mobil balap listrik Formula E juga perlu dicas
Mobil balap listrik Formula E juga perlu dicas

GridOto.com - Karena pada dasarnya merupakan mobil listrik, baterai mobil balap Formula E perlu dicharge sebelum bisa dipakai.

Apalagi karena penggunaannya yang ekstrem untuk balapan, baterai mobil Formula E tidak memiliki jarak tempuh yang panjang.

Kapasitas baterai mobil balap Formula E memang terbilang baik, yaitu 54 kW/jam, kurang lebih sama dengan kapasitas baterai Tesla Model 3.

Tapi dengan power maksimal 335 dk, lebih tinggi 52 dk dari Tesla Model 3, dan pemakaian untuk balap, jarak tempuh maksimalnya hanya 100 kilometer.

(Baca Juga: Tak Hanya Formula E, Mobil Listrik Massal Ini Juga Ada Balapannya Lo)

SPLU JuicePump lansiran Enel X yang digunakan untuk charging mobil listrik Formula E
SPLU JuicePump lansiran Enel X yang digunakan untuk charging mobil listrik Formula E

Karena itu lah, rata-rata tim Formula E selalu men-charge baterai mobil mereka di waktu yang diperbolehkan menurut regulasi balap, yaitu di sela-sela kualifikasi dan balapan, serta saat sesi latihan.

Mereka menggunakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) lansiran Enel X, perusahaan asal Amerika Serikat, yang bernama JuicePump.

Dilansir dari arstechnica.com, SPLU yang memiliki kapasitas charging 80 kW/jam tersebut merupakan SPLU Enel X standar berkapasitas 50 kW/jam yang dimodifikasi.

Setelah dicharge, mobil balap Formula E dapat melaju hingga 101,250 km, yang dicatatkan di Berlin ePrix (25/5/2019) dengan durasi balap 37 lap dan jarak lintasan 2,25 km dalam 50 menit.

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : arstechnica.com,fiaformulae.com,McLaren.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X