Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap Tanding di Jepang, Ini Dia Mobil Listrik 'Anargya EV Mark 1.0' Buatan Mahasiswa ITS Surabaya

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 8 Agustus 2019 | 20:58 WIB
Anargya EV Mark 1.0 buatan ITS
Samsul Arifin / Tribun Jatim
Anargya EV Mark 1.0 buatan ITS

GridOto.com - Dalam waktu 7 bulan, mahasiswa ITS Surabaya mampu menciptakan mobil listrik  yang diberi nama Anargya EV Mark 1.0.

Mobil listrik ini dibuat untuk dapat memenangkan lomba Formula Student Japan yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineers. 

"Tahun lalu kita pernah membuat mobil serupa tapi komponennya berbeda. Mudah-mudahan tahun ini mendapat hasil yang lebih baik," kata Alif Wikart, pembimbing tim mobil elektrik, Kamis, (8/8/2019). 

Bedanya dengan mobil pertama, yaitu dari motor dan kontrolnya yang belum menggunakan buatan asli ITS.

Alif Wikarta menyebut bahwa body yang terbuat dari carbon fiber composite yang dibuat sendiri oleh mahasiswanya. 

(Baca Juga: Ini Dia Jenis Baterai yang Dipakai di Mobil Listrik, Check This Out)

"Dibuat sendiri oleh mereka kemudian dilengkapi dengan motor dan controller yang dibuat oleh peneliti dari ITS Surabaya sendiri. Motor dan controllernya itu mampu mencapai peak-nya hingga 60 dk," terangnya, Kamis, (8/8/2019). 

 

Akan tetapi Alif masih melihat prosedur lomba Formula Student Japan yang diselenggarakan oleh Society of Automotive Engineers seberapa besar yang akan dilombakan dari kecepatannya. 

Adapun untuk baterai motor yang digunakan berjenis lithium polymer yang memiliki daya yang tinggi.

"Jadi di saat awal dia bisa ditarik sampai 10-20 V. Berarti bisa menghasilkan power yang sangat besar di awal," imbuhnya. 

Selain itu dilengkapi juga Baterai management sistemnya. Yaitu mengatur tiap sel baterai yang satu sama lain bisa bebarengan habisnya baik dari hardware maupun software. 

"Dan itu hasil dari penelitian dari ITS Surabaya. Sedangkan bertahan berapa lama kita sesuaikan dengan perlombaannya supaya beratnya ringan karena tidak menambah baterai," sambungnya. 

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Ini Komponen Canggih Mobil Formula Listrik Anargya EV MARK 1.0 Karya Mahasiswa ITS Surabaya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa