Instruksi Gubernur Akan Batasi Usia Kendaraan, Begini Kata Distributor Filter Udara Ferrox

Harun Rasyid - Senin, 5 Agustus 2019 | 20:15 WIB
Ilustrasi kendaraan di jalanan kota Jakarta
Travel.tribunnews.com
Ilustrasi kendaraan di jalanan kota Jakarta

GridOto.com - Selain ingin memperketat uji emisi kendaraan bermotor, Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta no.66 tahun 2019 juga berniat membatasi usia kendaraan maksimal 10 tahun.

Dalam Ingub tersebut, Anies meminta agar kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun dilarang beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2025 mendatang.

Jika Ingub tersebut nantinya disahkan menjadi Peraturan Gubernur dan dijalankan, nampaknya pengusaha sparepart otomotif aftermarket akan terkena imbasnya.

Teng Herry, salah satu Owner Primes Asia Distribution Center yang menjual produk aftermarket untuk motor dan mobil mengatakan, Ingub ada sisi positif dan negatifnya.

(Baca Juga: Instruksi Gubernur Jakarta Soal Pembatasan Kendaraan Pribadi, Bukan Solusi!)

"Ingub ini ada bagus dan tidaknya, kalau di luar negeri sana sudah banyak kota yang membatasi usia mobil dan dampaknya bagus. Cuma ini Indonesia, enggak semua orang bisa tiap 10 tahun ganti mobil, apalagi mobil baru," ujar Herry, saat dihubungi GridOto.com Senin (5/8/2019).

Herry mengungkapkan, ia merasa khawatir jika penggunaan masa kendaraan yang hanya 10 tahun akan membuat pasar aftermarket sepi.

Sosok Teng Herry Susanto saat GridOto temui di GIIAS 2019.
Harun
Sosok Teng Herry Susanto saat GridOto temui di GIIAS 2019.


"Ingub ini kalau jadi diterapkan bisa berpengaruh ke penjualan produk aftermarket, karena kendaraan baru itu kan garansinya rata-rata 3 sampai 7 tahun, kalau mereka pakai aftermarket masa garansi habis," jelas Herry lagi. 

"Jadi pemilik kendaraan enggak brani utak-atik kendaraannya. Nah, begitu masa garansi habis sebentar lagi mereka sudah diwajibkan ganti mobil," lanjutnya.

(Baca Juga: Tanggapi Instruksi yang Dikeluarkan Gubernur Jakarta, Toyota: Sejalan dengan Semangat Kami)

Herry menambahkan, namun untuk konsumen loyal mereka tentunya tidak terlalu memperdulikan hal tersebut, karena sudah percaya kualitas produknya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa