Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ITS Luncurkan Mobil Listrik Lowo Ireng Reborn, Sekali Charge Bisa Menempuh 160 Km!

Latifa Alfira Ulya - Jumat, 19 Juli 2019 | 17:00 WIB
Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil listrik yaitu Lowo Ireng Reborn.
Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil listrik yaitu Lowo Ireng Reborn.

GridOto.com - Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan mobil listrik yang diberi nama Lowo Ireng Reborn dan Limosin.

Melansir dari Suryamalang.com, ada tambahan nama 'Reborn' pada Lowo Ireng karena mobil tersebut sudah pernah diperkenalkan pada tahun 2014 namun dengan bahan bakar yang berbeda.

Menurut Direktur PUI-SKO ITS Surabaya, Muhammad Nur Yuniarto, awalnya mobil Lowo Ireng menggunakan tenaga penggerak engine dari Mitsubishi Tipe 6A13 Twin Turbo dengan tenaga 205 dk dan ECU menggunakan produk riset alumni mahasiswa ITS.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ia mengatakan telah mengkonversikan ke mesin motor listrik ramah lingkungan.

(Baca Juga: Lotus Keluarkan Mobil Listrik Bernama Evija, Punya Power Sampai 2.000 Dk! Ini Speknya)

Pemberian nama Lowo Ireng untuk mobil ini bisa dibilang unik lo.

"Lowo Ireng berarti kelelawar hitam karena tim yang bekerja ini senang bekerja tengah malam, seperti kelelawar. Bentuk badannya juga mengusung mobil sport seperti kelelawar," ujarnya, Kamis (18/7/2019).

Wah, jadi kayak mobil yang dipakai superhero Batman ya.

Mobil senilai miliaran rupiah itu menggunakan teknologi baterai Lithium Ion dengan kapasitas sebesar 20 kWh.

"Teknologi utama lainnya yang digunakan pada Lowo Ireng Reborn seperti Controller/Inverter, Battery Management System, dan Interface Vehicle Unit. Bisa untuk 100 hingga 160 kilometer sekali charge, bentuknya juga bagus. Sebagian komponennya merupakan buatan ITS sendiri," paparnya.

Editor : Fendi
Sumber : Suryamalang.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa