Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menanti Gebrakan KIA di Bawah Indomobil

Bimo Aribowo - Kamis, 27 Juni 2019 | 15:37 WIB

GridOto.com – Dua tahun belakang ini, KIA terpuruk di Indonesia. Persaingan ketat yang memicu perang diskon membuat KIA sulit bertahan. Tapi secercah harapan muncul di akhir Mei lalu.

Kelangsungan bisnis KIA Mobil Indonesia, agen penjualan merek KIA di Indonesia memang mengkhawatirkan. Di awal tahun 2019 ini, mereka menghentikan semua kegiatan penjualan mobil.

Kondisi ini merupakan rentetan ketatnya persaingan pasar mobil Tanah Air. Terutama perang diskon yang menggerus margin keuntungan. Bahkan hingga saat ini pemulihan berjalan lambat.

Buat pemain besar sekelas Toyota, Honda atau Suzuki, persoalan tergerusnya margin masih dapat ditutupi dari efisiensi atau bahkan subsidi prinsipal. Namun tidak buat APM (agen pemegang merek) kecil sekelas KIA Mobil Indonesia.

Tambah lagi struktur kepemilikan perusahaan tak ada saham prinsipal KIA Korea. Sehingga KIA Mobil Indonesia dipaksa harus bisa survive sendirian.

Di tengah persaingan diskon mobil baru yang berlangsung hingga saat ini, kekuatan modal sangatlah penting.

Perusahaan harus mengelola sumber daya seefisien mungkin dan disupport komitmen pemegang saham dalam jangka panjang.

Ini rupanya yang membuat pemilik KIA Mobil Indonesia terlihat kesulitan. Tak heran bila di sekitar tahun 2015 terdengar kabar tagihan suplier mereka dibayar dalam bentuk mobil KIA.

Di awal tahun 2019 ini, KIA Mobil Indonesia menyebut sedang menjalankan restrukturisasi. Sumber di perusahaan menyebut mereka sedang berbenah untuk mencari investor baru.

“Kita masih memegang keagenan KIA di Indonesia. Proses restrukturisasi ditargetkan selesai dalam waktu setahun,” sebut Ridjal Mulyadi, general manager KIA Mobil Indonesia saat ditemui di seremonial OTOMOTIF Award 2019 akhir Maret lalu.

Editor : Bimo Aribowo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa