Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada! Helm SNI Abal-Abal Banyak Beredar, Pemerintah Harus Ambil Langkah Tegas

Harun Rasyid - Senin, 24 Juni 2019 | 20:15 WIB
Ilustrasi. Laris di pasaran, helm SNI palsu tanpa merek berharga murah dengan selisih 100 ribu Rupiah lebih dengan helm SNI yang asli.
Harun
Ilustrasi. Laris di pasaran, helm SNI palsu tanpa merek berharga murah dengan selisih 100 ribu Rupiah lebih dengan helm SNI yang asli.

GridOto.com - Helm adalah salah satu piranti penting dalam urusan keselamatan berkendara dengan sepeda motor.

Sebelum dipasarkan, helm tentu mengalami serangkaian test uji kelayakan demi memenuhi standar kualitas yang ditentukan pemerintah yakni SNI.

Helm berpredikat SNI tentu sudah melewati pengetesan yang ketat mulai dari tes impact, tes tali pengikat helm, hingga tes yang terekstrem yaitu tes penetrasi.

Namun akhir-akhir ini, GridOto banyak menemukan beredarnya helm tanpa merk dengan logo SNI yang mirip dengan yang asli namun memiliki kualitas yang buruk.

(Baca Juga: Pria Ini Rela Habiskan Rp 50 Juta untuk Tebus Helm Arai Ini, Berlapis Emas Sob!)

Helm ini biasanya dijual dengan harga murah di bawah harga helm bermerek yang sudah dikenal.

Johannes selaku Direktur DMI produsen NHK mengatakan, helm murah non SNI atau SNI abal-abal membuat penjualan helm SNI resmi kategori low end terpukul.

Berdasarkan pantauan GridOto di beberapa penjual, helm SNI palsu ini, begitu diminati masyarakat karena dengan harga yang berbeda Rp 100 ribu lebih murah ketimbang helm SNI resmi bermerek.

Salah satu penjual helm yang tak mau disebut namanya mengungkapkan, sebagai penjual ia menjual berbagai helm mulai dari yang murah hingga yang branded, tapi helm murah meriah ini memang lebih laris.

(Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Pria Ini yang Bikin Naik Motor Wajib Pakai Helm)

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa