Cara Cegah Terhipnotis Akibat Melewati Jalan Lurus dalam Waktu Lama

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 21 Juni 2019 | 12:00 WIB
Ilustrasi jalan tol
Riyanto Prasetyo
Ilustrasi jalan tol

GridOto.com- Jalan tol maupun jalan non tol yang lurus dan sepi membuat kita terlena dan terlalu nyaman mengemudikan kendaraan.

Namun ternyata jalan yang lurus minumbalkan efek monoton dan bosan sehingga munculnya fenomena "highway hypnosis".

Highway hypnosis merupakan fenomena dimana otak seseorang terhipnotis akibat keadaan yang terlalu monoton sehingga mengalami setengah sadar ataupun mengalami microsleep.

"Jarak yang panjang mereka gampang terkena yang namanya fenomena highway hypnosist, otak kita terhipnotis," terang Jusri Palubuhu, instruktur dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Lanjut Jusri, Dampaknya bisa mengalami microsleep, mata terbuka tapi otak tidak terstimulus, ini korelasinya peluang kecelakaan akan semakin tinggi. 

Ilustrasi mengemudi mobil
Ilustrasi mengemudi mobil

(Baca Juga: Wajib Dikenali, Ini Tanda-Tanda Pengemudi Mulai Mengalami Lelah)

"Ketika monoton situasi alam otaknya atau situasi psikologisnya masuk kategori fatigue atau kelelahan, pada saat itu kemampuan motorik seseoarang akan menurun, termasuk konsentrasi seseorang karena monoton." ucapnya.

Nah cara untuk mecegah fenomena highway hypnosis adalah usahakan otak agar terus terstimulus dan menerima rangsangan.

"Teori dari defensive, otak harus terstimulus, otak diminta untuk terus menerima rangsangan sehingga tidak bosan, otak terstimulus tidak hanya melihat," terang Jusri.

Mengobrol dengan penumpang lain dan mendengarkan musik ataupun lakukan gerakan tubuh sesaat, namun tetap mengutamakan fokus mengemudi juga.

Selain itu jangan terlalu sering fokus pada satu titik contoh terlalu fokus menatap garis marka jalan dengan waktu yang lama, ini membuat otak tidak terstimulus.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa