Kemenangan Alonso dan Kawan-Kawan Menuai Kontroversi, Ini Keterangan Sang Rival

Gayuh Satriyo Wibowo - Selasa, 18 Juni 2019 | 21:25 WIB
Kemenangan Tim dari Fernando Alonso dinilai kontroversial.
Kemenangan Tim dari Fernando Alonso dinilai kontroversial.

GridOto.com - Kemenangan Fernando Alonso dengan mobil nomor 8 bersama rekan-rekannya tuai beberapa kontroversi di kalangan khalayak di balapan World Endurance Championship (WEC) di sirkuit Le Mans, Perancis.

Bagaimana tidak, para penonton yang menyaksikan hal tersebut melihat pergerakan yang sedikit aneh yang dilakukan oleh tim yang finish di posisi kedua yang merupakan satu tim dengan Alonso, Toyota Gazoo Racing Team.

Dilansir dari Independent.co.uk, mobil dengan nomor 7 dari tim Toyota Gazoo yang sama dengan Alonso salah mengganti ban pada diluar jadwal pitstop mereka pada satu jam terakhir sebelum balapan usai.

Saat jam-jam krusial tersebut, tim nomor 7 mengatakan bahwa terdapat kebocoran ban melalui sensor mereka.

(Baca Juga: Toyota Gazoo Racing Team Sabet Peringkat 1 dan 2 di WEC Le Mans 2019)

Hal tersebut memaksa mereka masuk ke pitstop walaupun hal tersebut diluar jadwal mereka untuk memasukinya.

Alih-alih dapat mempertahankan posisi, tim nomor 7 mengatakan bahwa sensor mengatakan ban masih bocor yang berarti crew pit mereka salah mengganti yang bocor karena kesalahan informasi dari sensor.

Toyota Gazoo Racing Team nomor 7 di balapan WEC 2019.
Toyota Gazoo Racing Team nomor 7 di balapan WEC 2019.

Kejadian tersebut akhirnya menjadi pertanyaan layakkah memang tim nomor 7 yang dikendarai oleh Mike Conway, Kamui Kobayashi, dan Jose-Maria Lopez memberikan kemenangan mereka untuk tim nomor 8 yang dikendarai oleh Sébastien Buemi, Kazuki Nakajima, dan Fernando Alonso.

Menanggapi hal tersebut, dilansir dari Lemans.org, Mike Conway, driver tim nomor 7 menjelaskan perihal kejadian tersebut.

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : independent.co.uk,lemans.org

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X