Porsche Tinggalkan WEC, Sekarang Fokus Garap Mesin Buat F1 2021

Gayuh Satriyo Wibowo - Selasa, 4 Juni 2019 | 18:35 WIB
Mesin TAG Turbo V-6 dari Porsche yang digunakan McLaren pada musim F1 1983-1987.
Mesin TAG Turbo V-6 dari Porsche yang digunakan McLaren pada musim F1 1983-1987.

GridOto.com - Setelah sekian lama meninggalkan dunia F1, merek asal Jerman, Porsche, belakangan ini sedang garap mesin yang akan digunakan untuk F1.

Terakhir terlihat di tahun 1991 yang dulunya membuat mesin V-12 dengan kapasitas 3.5 liter, sekarang Porsche berencana untuk membuat mesin V-6 yang rencananya bisa digunakan dalam musim Formula 1 2021.

Dilansir dari Roadandtrack.com, Fritz Enzinger, Racing Head dari Porsche, mengatakan bahwa V-6 didesain untuk F1 dan untuk mobil di ajang World Endurance Championship (WEC) 919 LMP1.

"Di akhir 2017 kami menerima permintaan dari perusahaan induk untuk mengembangkan mesin 6 silinder yang lebih efisien dan mengesampingkan LMP1," ujar Enzinger.

(Baca Juga: Dua Hari Setelah F1 Monako, Legenda F1 Niki Lauda Dimakamkan di Vienna)

Pengembangannya pun tidak hanya angan dan sebatas proyek blueprint semata namun proyek ini benar-benar dikerjakan dan akan dites dalam waktu dekat.

"Tak hanya diatas kertas tetapi berbentuk hardware nyata dengan gagasan bahwa mesin ini nantinya dapat dites pada tahun 2019, hal tersebut perintah langsung dari pimpinan," lanjut Enzinger.

Aksi dari Porsche tersebut sedikit membingungkan publik, pasalnya Tim Porsche sendiri terakhir menang tiga kali berturut-turut pada LMP1 kelas hybrid sejak 2015.

Namun hal tersebut terjawab dengan fokusnya Porsche dalam menggarap mesin baru mereka ini.

Enzinger mengaku bahwa saat ini ada sebuah tim yang terdii dari 20-25 teknisi dalam mengembangkan mesin ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : roadandtrack.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa