Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ramadan-Lebaran Transaksi Gadai Kendaraan Naik, Tahun Ajaran Baru Pegadaian Bisa Ramai Lagi

Harun Rasyid - Selasa, 18 Juni 2019 | 14:43 WIB
Pegadaian (persero)
Bumntrack.com
Pegadaian (persero)

GridOto.com - Dalam bulan Ramadan sampai lebaran, Pegadaian (Persero) sebagai lembaga keuangan BUMN yang memiliki jasa gadai kendaraan bermotor mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dari laman situs resmi Pegadaian, jelang hari raya lebaran lalu PT Pegadaian membukukan transaksi gadai Rp 28,69 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 2 pekan pasca-Lebaran.

Menurut Direktur Utama Pegadaian, Kuswoyo, kinerja Pegadaian di masa jelang dan pasca-Lebaran ini mengikuti pola tahunan masyarakat Indonesia.

"Umumnya sebelum bulan Puasa masyarakat akan melakukan pinjaman (gadai) untuk modal kerja dan jelang lebaran akan kembali menebus barang agar dapat dikenakan pada saat hari raya," Ujar Kuswoyo.

(Baca Juga: Bukan Cuma Untuk Gadai Saja. Beli Kendaraan Bisa Cicil di Pegadaian)

Sementara dalam urusan gadai kendaraan bermotor, jumlah kendaraan yang digadai sebelum puasa juga alami kenaikan, alasannya masyarakat membutuhkan dana tambahan untuk modal usaha atau membuka usaha musiman saat Ramadan.

Yuli Arsyanti, Kepala Cabang Induk Pegadaian Syariah di Jalan Margonda, Depok mengatakan, dua bulan sebelum puasa transaksi gadai surat kendaraan alami trend kenaikan.

"Dua bulan sebelum puasa jumlah transaksi gadai surat kendaraan maupun kendaraan naik sampai 30 persen," ujar Yuli.

Menurut Yuli, kendaraan bermotor yang digadaikan untuk bidang usaha saat bulan Ramadan didominasi mobil, karena mobil nominal harganya lebih besar.

(Baca Juga: Pegadaian Punya Program Pembiayaan. Ini Syarat dan Tenornya)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa