Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kerja Bareng Produsen Skuter Listrik Gogoro, Yamaha Tetaskan EC-05

Gayuh Satriyo Wibowo - Jumat, 14 Juni 2019 | 07:06 WIB
Yamaha EC-05 hasil kerjasama dengan Gogoro
Yamaha EC-05 hasil kerjasama dengan Gogoro

GridOto.com - Yamaha baru-baru ini meluncurkan skuter listrik yang diberi nama Yamaha EC-05 hasil kolaborasi dengan produsen skuter listrik asal Taiwan, Gogoro.

Skuter listrik yang diperkenalkan beberapa waktu lalu merupakan hasil kerja sama dari kedua perusahaan sejak tahun lalu.

Dalam kerja sama tersebut, Yamaha mendapat jatah untuk menggarap desain dan hampir keseluruhan powertrain dikerjakan oleh Gogoro.

Dilansir dari Electrek.co, secara spesifikasi nantinya Yamaha EC-05 ini akan mirip dengan skuter listrik Gogoro 2 Series  karena memiliki mesin yang sama.

(Baca Juga: Yamaha Siap Luncurkan Skutik Listrik, Penasaran? Ini Sosoknya)

Walaupun belum secara resmi diperkenalkan spesifikasi mesinnya, namun diperkirakan skuter ini nantinya dapat melaju hingga 100 km dan kecepatan maksimal sekitar 85-95 km/jam.

Unit Yamaha EC-05 ini dijadwalkan akan dikirim mulai Agustus tahun ini di Taiwan.

Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan beredar pula di negara-negara lain, menilik produk dari Gogoro lain baik skuter, baterai, dan stasiun penukaran baterai sudah tersebar di berbagai negara baik di benua Eropa maupun Asia.

Yamaha pun terlihat mulai dalam menyelam di industri kendaraan listrik dengan adanya kerja sama antara empat produsen sepeda motor raksasa asal Jepang yaitu Kawasaki, Suzuki, dan Honda untuk membuat baterai motor listrik yang dapat ditukar.

(Baca Juga: Lucu! Mbak-mbak di Inggris Mau Isi Angin Ban Pakai Charger Mobil Listrik)

Kemungkinan hasil kerja sama antara Yamaha dan Gogoro ini nantinya juga akan dibawa ke grup The Big Four ini sebagai stasiun penggantian baterai.

Akankah perubahan dari motor konvensional ke motor listrik akan sampai ke tanah air dan merakyat apalagi keempat perusahaan yang bekerja sama dengan Yamaha adalah pemegang tahta pembuat kendaraan roda dua di Indonesia?

Lalu apakah Yamaha EC-05 nantinya akan sampai ke Indonesia dan melawan kejamnya pasar kendaraan bermotor di sini?

Patut dinanti.

Editor : Fendi
Sumber : Electrek.co

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa