Street Manners: Kerap Disepelekan, Ternyata Tutup Pentil Fungsinya Penting

Harun Rasyid - Kamis, 16 Mei 2019 | 15:30 WIB
Sebagai bagian dari ban kendaraan, ternyata tutup pentil punya fungsi yang penting
designcorse.com
Sebagai bagian dari ban kendaraan, ternyata tutup pentil punya fungsi yang penting

GridOto.com - Sering disepelekan karena bentuknya yang kecil ternyata tutup pentil atau bisa juga disebut Valve Cap pada ban kendaraan, memiliki fungsi cukup penting.

Secara umum pengendara hanya mengetahui tutup pentil fungsinya sebagai penutup pentil dan tak telalu mempermasalahkannya jika bagian tersebut copot atau hilang.

Padahal menurut data National Highway Traffic Administration (NHSTA), 85% penyebab berkurangnya tekanan angin ban adalah akibat kebocoran halus yang terjadi dalam periode lama, dan salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tutup pentil.

Pengendara bermotor juga merasa, jika kendaraannya kena razia oleh Polantas karena tidak memakai tutup pentil, itu karena ulah polisi yang mencari-cari kesalahan.

(Baca Juga: Street Manners: Bisa Membahayakan, Jangan Dengar Musik saat Berkendara)

Divisi Humas Mabes Polri pun memberi sedikit penjelasan, "Masih banyaknya pernyataan polisi sering mencari-cari kesalahan, bahkan tutup pentil pun dipermasalahkan."

"Di sini kami sedikit berikan gambaran betapa pentingnya tutup pentil pada ban kendaraan, karena tutup pentil (valve cap) sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan," tulis di laman Facebook resminya.

Entah karena bentuk fisiknya yang kecil atau karena harganya yang murah, pemakai kendaraan jarang memperhatikan.

Padahal komponen ini punya peran penting dalam menjaga ban tetap dalam tekanan ideal.

Fungsi tutup pentil selain sebagai penutup, ia juga berfungsi mencegah udara di dalam ban agar tidak keluar dari celah kecil katup pentil.

(Baca Juga: Street Manners: Pahami Penggunaan Lampu Sein Secara Bijak Agar Safety)

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X