Ternyata, Begini Loh Melihat Titik Awal Mula Kecelakaan Lalu Lintas

M. Adam Samudra - Rabu, 27 Maret 2019 | 08:17 WIB
Ilustrasi kecelakaan di jalur mudik
tribunnews.com
Ilustrasi kecelakaan di jalur mudik

GridOto.com - Perilaku buruk dengan melanggar peraturan lalu lintas menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir menjelaskan, setidaknya ada banyak penyebab utama kecelakaan lalu lintas.

"Pertama, berkendara itu pada prinsipnya yang paling utama harus penuh konsenterasi. Kedua, berkendara itu harus mengikuti aturan-aturan rambu yang sudah diatur undang-undang," ujar Kompol Nasir kepada GridOto.com di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Faktor lainnya yang menjadi penyebab utama kecelakaan adalah menerobos lampu merah, emosi tidak stabil dari pengemudi yang umumnya masih remaja, serta perilaku melawan arus yang menyebabkan kecelakaan fatal karena kendaraan lain datang dari arah berlawanan.

(Baca Juga : Bagaimana Pertanggungjawaban Hukum Jika Kecelakaan Disebabkan Pihak Lain?)

Berbelok tanpa melihat kondisi jalan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, balapan liar dan modifikasi kendaraan yang tidak sesuai aturan juga menjadi faktor utama kecelakaan di Indonesia.

"Jadi kalau ada pelanggaran, ya itu adalah titik awal terjadinya kecelakaan," tegasnya.

Nasir berpesan agar para pengendara menguasai teknik, peraturan dan etika berlalu lintas.

Pengendara juga harus memastikan motor atau mobil dalam kondisi prima sebelum dijalankan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

(Baca Juga : Kurangi Kecelakaan, Volvo Luncurkan Kunci Canggih, Kok Bisa?)

"Jadi dalam berlalu lintas imbauannya ikuti marka dan rambu yang sudah terpasang supaya tidak terjadi pelangaran yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan," tegasnya.

Editor : Eka Budhiansyah

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa