Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow! Tahun 2021 Honda Targetkan Nilai Ekspor Rp 25,5 Triliun

Naufal Shafly - Selasa, 26 Maret 2019 | 19:35 WIB
Seremonial dimulainya produksi all new Honda Brio untuk pasar ekspor
Naufal/Gridoto.com
Seremonial dimulainya produksi all new Honda Brio untuk pasar ekspor

GridOto.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) tahun ini kembali melakukan ekspor produknya, lewat All New Honda Brio yang akan dikirim ke Vietnam dan Filipina.

Ekspor ini menjadi yang pertama sejak terakhir kali 'mengapalkan' Honda Freed di tahun 2014 ke Malaysia dan Thailand.

Bahkan, PT HPM telah memiliki target nilai ekspor hingga tahun 2021, yaitu sebesar Rp 25,5 triliun.

Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan Aftersales PT HPM menyebut nilai tersebut merupakan gabungan dari ekspor utuh (CBU) dan ekspor komponen terurai (CKD).

(Baca Juga : Demi Ekspor Brio, Honda Rela Korbankan Setiap Model yang Sepi Peminat)

"Tahun lalu kami hanya mengekspor komponen terurai saja, ke 12 negara tujuan mulai dari ASEAN hingga Amerika, dengan nilai sekitar Rp 3,9 triliun," ucap Jonfis.

Menurutnya, ekspor CKD tahun ini akan lebih banyak ketimbang CBU, karena komponen terurai lebih mudah diterima di negara lain.

Honda Brio RS CVT
Roro Aveline
Honda Brio RS CVT

"Komponen itu dianggap mudah untuk ditukarkan dan dianggap efektif. Setelah ekspor komponen dianggap sukses, kami berjalan lagi untuk ekspor CBU, karena CBU kan perlu melihat apakah mobil tersebut cocok atau tidak, kalau komponen kan pasti dipakai," jelasnya.

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, yang turut hadir di acara seremonial produksi pertama All New Brio untuk pasar ekspor.

(Baca Juga : Serupa Namun Tak Sama, Ini Perbedaan All New Brio untuk Pasar Lokal dan Ekspor)

"Hal ini tentunya merupakan sebuah capaian yang membanggakan bagi industri otomotif nasional, karena produk Indonesia bisa diterima dengan baik di negara tujuan," kata Airlangga dalam sambutannya.

"Kementerian Perindustrian akan secara terus-menerus mendorong agar tercipta penambahan investasi baru maupun perluasan, serta adopsi teknologi yang terkini, dan diharapkan dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk merealisasikan target produksi 1,5 juta unit pada tahun 2020," ucapnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa