Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menperin Apresiasi PT Toyota Motor Bangun IKM di Indonesia

M. Adam Samudra - Sabtu, 23 Maret 2019 | 08:20 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memperhatikan mesin produksi di IKM Koperasi Batur Jaya pada ‘Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif’ di Klaten, Jawa Tengah.
Kemenperin
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memperhatikan mesin produksi di IKM Koperasi Batur Jaya pada ‘Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif’ di Klaten, Jawa Tengah.

GridOto.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto apresiasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam penguatan Industri Kecil dan Menengah (IKM) otomotif di Indonesia. 

"Capaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kemajuan sentra-sentra IKM logam potensial lainnya,” kata Airlangga melalui keterangannya, Sabtu (23/3/2019).

Menperin menyebut, diperlukan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) terampil, teknologi mesin dan peralatan, teknis produksi, serta bahan baku.

Kemenperin akan fokuskan pengembangan sentra logam di Indonesia, antara lain di Ceper, Tegal, Yogyakarta, Sukabumi, Purbalingga, Semarang, Pasuruan, Sidoarjo, Sukabumi, dan Jabodetabek.

(Baca Juga : Lindungi Produsen dan Konsumen, Kemenperin Terbitkan SNI Wajib Pelumas)

“Sentra-sentra tersebut ke depan juga diarahkan menjadi pusat logistik, pusat bahan baku (material center) dan R&D bagi IKM di sekitarnya,” tutur Menperin. 

Ia mengaku akan meningkatkan kemampuan teknis produksi sehingga mampu membuat produk komponen otomotif yang presisi.

“Kita harapkan mampu memperluas jaringan pasar, melakukan diversifikasi produk, menjalin kemitraan dengan industri besar dan meningkatkan ekspor,” sebutnya.

Menperin berharap, IKM di Ceper khususnya pada anggota KBJ terus tingkatkan seluruh bantuan yang telah diberikan.

(Baca Juga : Dulu Cukup NPT, Sekarang Pelumas Harus SNI! Begini Kata Kemenperin)

“Kami optimistis dengan dukungan seluruh stakeholder serta dengan motivasi yang kuat dan usaha yang konsisten, IKM di Ceper dapat menjadi bagian rantai pasok industri otomotif nasional,” imbuhnya.


Editor : Pilot

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa