Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Asal Ganti Oli Matik Nissan Livina Bisa Gugurkan Garansi, Ini Sebabnya

Radityo Herdianto - Selasa, 12 Maret 2019 | 18:00 WIB
tuas transmisi all new nissan livina
Ryan/GridOto.com
tuas transmisi all new nissan livina

GridOto.com-Nissan Livina terbaru kembali menggunakan transmisi otomatis tipe konvensional, generasi sebelumnya menggunakan CVT (Continuosly Variable Transmission).

"Perlu diperhatikan penggantian oli transmisi otomatisnya, umumnya pemilik mobil suka asal ganti oli di luar karena sibuk tidak sempat ke servis resmi," jelas Sunendar, Service Advisor Dealer Nissan Datsun Alam Sutera kepada GridOto.com (4/3).

Jika Anda asal ganti oli transmisi otomatis ini ternyata bisa menggugurkan garansi Nissan Livina yang mencapai 3 tahun atau 100 ribu km.

Apa sebabnya?

"Penggantian serta menggunakan oli matik di luar servis resmi Nissan berpotensi menyebabkan external failure di mana hal tersebut merupakan di luar ketentuan garansi," ujar Sunendar.

Bisa jadi opsi nih garap lampu kepala All New Nissan Livina dengan gaya Xpander
Rianto Prasetyo
Bisa jadi opsi nih garap lampu kepala All New Nissan Livina dengan gaya Xpander

(Baca Juga : Ada Material Spesial di Komponen Dalam Mesin Nissan Livina, Apa Tuh?)

Menurut Sunendar, saat pengecekkan dan penggantian oli transmisi otomatis di luar servis resmi, komponen girboks belum tentu ditangani sesuai dengan prosedur standar.

Kalau metode penggantiannya tidak sesuai standar bisa saja menyebabkan bahaya laten yang berpotensi menyebabkan kerusakan jangka panjang.

"Penggantian di luar juga dikhawatirkan takarannya kurang atau lebih, kinerja transmisi otomatis tidak akan optimal," lanjut Sunendar.

Selain faktor penanganannya, jenis oli transmisi yang digunakan juga menjadi faktor gugurnya garansi.

Meskipun menggunakan oli yang speknya sama, Sunendar mengklaim senyawa kandungan olinya belum tentu sesuai dengan komponen transmisi otomatis.

"Kalau ditangani di servis resmi ternyata terjadi malfungsi pemilik kan bisa klaim garansi karena itu merupakan internal failure dan menjadi tanggung jawab Nissan," tutup Sunendar.

Editor : Dwi Wahyu R.

Kalian Tahu Enggak? Ternyata Ban Motor Ini Cuma Dijual di Planet Ban

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa