Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Commercial Car dan Fleet

Pikap Suzuki Carry Tertua di Indonesia Ada di Semarang, Tampang Ngenes Distarter Masih Jreng!

Ditta Aditya Pratama - Rabu, 6 Maret 2019 | 10:26 WIB
Suzulight Carry FB Pikap Carry tertua di Semarang
Like Adelia / Tribun Jateng
Suzulight Carry FB Pikap Carry tertua di Semarang

GridOto.com - Pertama kali diluncurkan tahun 1961, ternyata ada lho yang punya pikap Suzuki Carry tertua di Semarang!

Mobil jadul yang aslinya punya nama Suzulight Carry FB ini termasuk kei car bermesin 359 cc yang tenaganya kayak motor sport 150 cc zaman sekarang, mentok di 21 dk saja.

Mobil pick up milik Sigit Wijiadi (45) ini merupakan generasi pertama dari Suzuki Carry Pick up (pikap) yang dikenalkan pada tahun 1961.

"Saya beli ini dari orang Jakarta yang sesama pecinta mobil antik atau mobil kuno. Awalnya tidak pernah berfikiran kalau ini legendanya Carry pickup," ujar Sigit yang dikutip GridOto dari Tribun Jateng di rumahnya yang beralamat di Jalan Parikesit, Banyumanik, Semarang, Senin (4/3).

(Baca Juga : Suzuki Carry Pikap Ogah Mengikuti Jejak Kembarannya Colt T120SS)

Bentuk pick up ini berbeda dari tipe pickup Suzuki Carry Truntung. Jika pick up Carry truntung depannya lebih cembung dan pendek, pick up tahun 1961 lebih panjang di bagian depan.

Sigit enggan bercerita siapa saja orang yang pernah menawar mobil kuno tersebut. Karena pada dasarnya, dia sangat menyukai mobil kuno itu.

Pintunya pun terbuka terbalik atau kunci pintu berada di dekat spion. Pintu dibuka ke belakang.
Bodinya juga tidak setinggi pick up truntung. Pick up ini memiliki spesifikasi mesin hanya 300 cc, nyaris kurang bertenaga untuk ukuran mobil.

Meskipun usianya sudah mencapai 58 tahun, namun mobil pikap ini masih bisa menyala dan berjalan. Selama tiga tahun dirawatnya, mobil ini hanya dijadikan koleksi saja. Kadang-kadang dipakai keliling di jalanan mendatar, serta diikutkan kontes.

"Sekali starter langsung jreng, namun karena tenaga dan mesinnya kecil kurang cocok kalau dipakai di daerah Semarang yang naik turun jalannya. Cocoknya ya dipakai di jalanan datar," lanjut Sigit.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa