Pesaing Honda PCX Electric Siap Hadir, Tapi Yamaha Masih Pertimbangkan Hal Ini

Dio Dananjaya - Senin, 11 Februari 2019 | 11:42 WIB
Sebagai pesaing Honda PCX, Yamaha NMAX sudah dinantika model barunya
Thio/GridOto.com
Sebagai pesaing Honda PCX, Yamaha NMAX sudah dinantika model barunya

GridOto.com – Akhir Januari lalu PT Astra Honda Motor meluncurkan PCX Electric. Pesaing mereka, Yamaha, kabarnya segera memasarkan motor listriknya di Indonesia.

Honda PCX Electric menggunakan motor listrik dengan energi dari dua baterai lithium-ion yang masing-masing bertegangan 50,4V.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 4,2 kW atau sekitar 5,7 dk dan torsi maksimal 18 Nm.

Setelah Honda, dalam sebuah kesempatan, Yamaha juga mengakui bakal segera memasarkan motor listrik di Indonesia.

(Baca Juga : Kompetitor Terberatnya Sudah Meluncurkan Motor Listrik, Begini Tanggapan Yamaha)

“Saya tahu banyak yang berpikir soal baterai, kontrol elektronik dan motor listrik. Itu kenapa Yamaha mulai memikirkan strategi pemasaran EV di Indonesia,” ujar Minoru Morimoto, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Meski sudah memiliki beberapa model motor listrik, Yamaha tetap akan melakukan riset pengembangan produk yang sesuai dengan pasar Indonesia.

“Sebelum datang ke Indonesia, di Jepang saya adalah kepala yang bertanggung jawab untuk pengembangan produk EV,” katanya saat ditemui beberapa waktu lalu.

“EV sendiri saat ini hanya didevelop untuk pasar Taiwan dan Jepang,” sambung Morimoto.

(Baca Juga : Ditanya Soal Motor Listrik, Yamaha Indonesia: Tinggal Tunggu Waktu)

Satu hal yang bakal diprioritaskan olehnya adalah soal pengembangan baterai, yang saat ini punya bobot berat dengan daya tahan sebentar, serta harganya relatif mahal.

“Mungkin ini tak hanya dialami Yamaha, tapi juga kompetitor. Bahkan industri juga sedang kerja keras untuk membuat baterai yang lebih baik,” terangnya.

“Apalagi di sini belum ada perusahaan baterai, jadi kami harus mencari partner dari luar negeri. Hal inilah yang masih dipertimbangkan, jadi memang tidak mudah,” tutup Morimoto.

Editor : Fendi

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X