Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Versys 'Walang Kadung', Armada Baru Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya

Adi Wira Bhre Anggono - Sabtu, 12 Januari 2019 | 12:15 WIB
WALANG KADUNG - Dua Driver motor PMK siap menerobos gang kampung jika ada kebakaran
Surya.co.id/Nuraini Faiq
WALANG KADUNG - Dua Driver motor PMK siap menerobos gang kampung jika ada kebakaran

GridOto.com Kalau diluar negeri mungkin sudah sering kita melihat petugas pemadam kebakaran dengan armada berupa kendaraan roda dua.

Nah, inovasi yang sama baru-baru ini juga dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya yang memakai armada berupa Kawasaki Versys 250.

Motor PMK berjuluk Walang Kadung ini ditujukan untuk mempermudah menembus area yang tidak bisa dijangkau oleh mobil PMK seperti gang kecil atau perkampungan.

"Motor dengan CC besar ini kami desain khusus untuk jadi motor PMK. Inilah PMK Walang Kadung," kata Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya Irvan Widyanto, Kamis (10/1/2018) dikutip dari Surya.co.id.

Sesuai namanya, motor PMK ini dijuluki Walang Kadung yang berarti belalang yang gesit dan mampu menerobos area kecil, bahkan bisa terbang dan meloncat kemana pun menuju TKP kebakaran.

(Baca Juga : Kocak, Lagi Razia Tapi Kok Malah Polisinya yang Bingung Kocar-kacir)

Pada armada Walang Kadung ini juga didesain lengkap dengan peralatan pemadam kebakaran, seperti selang hingga tabung pemadam yang diangkut pada bagian belakang.

"Baru saja kami simulasi mengatasi kebakaran dengan Walang Kadung. Sementara baru dua unit yang kita miliki," jelas Kabid Sarana Prasarana Dinas PMK Heru Subiantoro.

Selain sudah berkaki-kali dilakukan simulasi dengan armada yang sama, Walang Kadung juga sudah berhasil menerobos TKP kebakaran di gang kecil permukiman.

Aksi petugas pemadam Walang Kadung berhasil menghambat api agar tidak membesar dan tidak merembet kemana-mana.

Editor : Hendra
Sumber : Surya.co.id,Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa