Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat SIM Ketinggalan, Kaisar Jepang Turun dari Mobil dan Jalan Kaki Ambil SIM ke Rumah

Ditta Aditya Pratama - Minggu, 6 Januari 2019 | 17:51 WIB
Kaisar Akihito akan turun tahta pada April 2019 ini
Global Risk Insights
Kaisar Akihito akan turun tahta pada April 2019 ini

GridOto.com - Kedisiplinan saat berkendara memang harus dipupuk terus, salah satu kisah yang bisa jadi contoh adalah saat Kaisar Jepang Akihito lupa bawa SIM saat berkendara.

Kaisar Jepang Akihito terpaksa menghentikan mobil yang dikendarainya dan kembali ke rumah di kekaisaran hanya untuk mengambil Surat Izin Mengemudi (SIM) yang tertinggal.

"Kaisar memang sempat lupa bawa SIM nya saat mulai mengendara. Lalu menghentikan mobilnya dan turun mengambil SIM nya kembali ke rumah," ungkap wartawan khusus kekaisaran yang selalu mengikuti Kaisar Jepang, Midori Watanabe, Profesor Universitas Bunka Gakuen, beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, menurut Watanabe, Kaisar tak perlu menggunakan SIM juga tak apa karena mengendarai mobilnya di jalanan di dalam kekaisarannya bukan di jalanan umum.

"Tetapi Kaisar selalu penuh disiplin dan patuh hukum. Kalau naik mobil di mana pun pasti harus membawa SIM nya sesuai ketentuan umum," ungkapnya.

Saat itu Kaisar dari rumahnya ingin menuju East Garden tempat lapangan tenis (juga di dalam area kekaisaran Jepang).

Kaisar bermaksud bermain tenis bersama istrinya, tetapi kemudian sadar bahwa dia lupa bawa SIM. Kaisar lalu menghentikan mobilnya dan kembali ke rumah untuk mengambil SIM tersebut.

Kaisar Akihito (85) adalah Kaisar Jepang ke-125 sejak 8 Januari 1989 menggantikan Kaisar Showa yang meninggal dunia 7 Januari 1989.

Kaisar Jepang mengendarai Honda Integra
Foto Badan Rumah Tangga Istana Jepang
Kaisar Jepang mengendarai Honda Integra

Kaisar memang senang mengendarai mobilnya. Dulu Corolla II dan belakangan mobil Honda Integra bersama Puteri Shoda Michiko (84) yang sangat dicintainya.

Pada bulan Maret 1992 Kaisar Jepang Akihito bahkan menyetir sendiri mobilnya membawa tamu resmi Presiden Fujimori dari Peru menuju rumah kediaman di Akasaka.

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Pos Kupang

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa