Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jembatan Musi IV Mulai Diuji Coba dengan 44 Truk Berbobot 35 Ton Per Unit

Adi Wira Bhre Anggono - Rabu, 12 Desember 2018 | 16:08 WIB
Jembatan Musi IV Palembang, Sumatera Selatan akan dilakukan uji coba beban yang berlangsung pada puk
Kompas.com/Aji YK Putra
Jembatan Musi IV Palembang, Sumatera Selatan akan dilakukan uji coba beban yang berlangsung pada puk

GridOto.com - Jembatan Musi IV yang terletak di Kecamatan Ilir Timur II Palembang ditargetkan rampung pengerjaannya pada Desember 2018 ini.

PT Adhi Karya (Persero) selaku kontraktor proyek pembangunan tersebut mulai melakukan uji beban yang berlangsung selama dua hari sejak Selasa (11/12/2018) kemarin.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV Palembang, Suwarno mengatakan, uji beban itu dimulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Sebanyak 44 truk dengan muatan pasir basah pun nantinya akan dinaikan satu per satu ke atas jembatan.

Baca Juga : Mobil Dinas Polsek Ciracas Babak Belur Dihajar Anggota TNI

"Satu truk dengan beban 35 ton per unit itu, akan diparkirkan diatas jembatan, nanti akan dilihat lengkungan jembatan itu sesuai tidak dengan rencana yang sudah ditentukan. Target selesai pada akhir tahun ini,” kata Suwarno, Selasa (11/12/2018) dikutip dari Kompas.com.

Suwarno menjelaskan, akan ada lima skema pada proses uji coba tersebut, yakni dengan meletakkan truk di bentang tengah dan di bentang tepi Jembatan Musi IV.

“Untuk di  bentang tengah akan diletakkan 20 truk sementara untuk di bentang tepi akan diparkir masing-masing sebanyak 12 truk,” ujarnya.

Dari hasil uji coba akan dilihat lengkung jembatan, kemudian dilakukan evaluasi apakah lengkungan jembatan saat diberi beban bertonase berat sesuai dengan rencana awal.

Baca Juga : Sudah Pakai LED, Seperti Ini Terangnya Lampu Yamaha New R25

“Dalam perencanaan awal, lengkung bentang tengah jembatan saat diparkir sebanyak 20 truk tidak boleh lebih dari 17,5 sentimeter. Untuk bentang tepi lengkungan tidak boleh lebih dari 8,3 sentimeter,” jelas Suwarno.

Jembatan Musi IV nantinya akan digunakan untuk akses jalan di Palembang yang sebelumnya akses penghubung jembatan antara hulu dan hilir hanya menggunakan dua jembatan, yakni Ampera dan Musi II.

Artikel serupa pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Ditargetkan Selesai Akhir Tahun, Jembatan Musi IV Mulai Uji Beban”.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by GridOto (@gridoto) on

Editor : Pilot
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa