Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertamina dan Gesits Kerjasama Memakai Konsep ‘Elpiji’

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:02 WIB
(Ilustrasi) Selis Gogoro yang mengoperasikan stasiun swap battery
Asia.nikkei.com
(Ilustrasi) Selis Gogoro yang mengoperasikan stasiun swap battery

GridOto.com - Berbeda dengan mobil, PT Pertamina sudah menyiapkan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) yang dikhususkan untuk motor.

Jika mobil berupa charging station, maka untuk roda dua akan berypa energy store untuk dijadikan tempat penukaran baterai (battery swap).

Proyek pertama yang dijadikan percontohan energy store ini ditunjukkan pada peresmian program Green Energy Station (GES) di SPBU COCO Pertamina yang berlokasi di Rasuna Said, Kuningan.

Di sana, Pertamina ikut memamerkan bentuk layanan battery swap yang akan diterapkan, dengan sementara ini langsung menggunakan skuter listrik nasional Gesits.

(Baca juga: Tunggak Pajak STNK? Hati-hati, Awal 2019 Nanti Bisa Diblokir)

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, menjelaskan, konsep layanan baik untuk charging station dan swapping baterai juga diterapkan pada jaringan SPBU Pertamina lainnya yang masuk dalam program GES.

“GES diproyeksikan akan menjadi tempat untuk pengisian baterai mobil listrik, serta tempat menukar baterai yang didedikasikan untuk sepeda motor listrik kecil. Nantinya, kami juga akan mengembangan GES ke beberapa SPBU Pertamina lain," ujar Nicke di Jakarta Senin (10/11/2018).

Di SPBU GES juga akan disediakan swapping battery
Taufiq JF
Di SPBU GES juga akan disediakan swapping battery

Sebelumnya VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, pernah mengatakan bila untuk motor listrik konsennya lebih pada penukaran baterai.

"Kita sudah ada diskusi dengan kawan-kawan di Gesits dan tim internal, dari hasil tersebut mereka memang konsennya bukan pada charging station, tapi swap baterai," ucap Adiatma beberapa waktu lalu, dikutip dari Kompas.com.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa