Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Asyik! 85% Jalanan Kabupaten Bandung Diklaim Sudah Mantap, Sisanya?

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 30 November 2018 | 15:42 WIB
Ilustrasi kondisi jalanan di Kabupaten Bandung yang sudah dicor
Hakim Baehaqi / Tribun Jabar
Ilustrasi kondisi jalanan di Kabupaten Bandung yang sudah dicor

GridOto.com - Kabar baik buat kamu warga Kabupaten Bandung dan sekitarnya yang selama ini mengeluh soal kondisi jalanan Kabupaten Bandung.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, mengklaim, 85 persen jalan berstatus kabupaten di Kabupaten Bandung, dalam kondisi mantap.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpum Tribun Jabar, jumlah jalan berstatus kabupaten ada 448 jalan dan keseluruhannya memiliki panjang, 1.155 kilometer (km).

Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kabupaten Bandung, Cecep Mulyana, mengatakan, yang masih dalam kondisi rusak hanya sebesar 15 persen atau sekitar 134 kilometer.

"85 persen kondisi mantap ini dalam kondisi baik dan sedang," kata Cecep melalui sambungan telepon, Jumat (30/11/2018).

(BACA JUGA: Pakai Motor Listrik, Begini Cara Google Merekam Kondisi Jalanan Hingga Gang Sempit di Bandung)

Sesuai dengan arahan dari Bupati Bandung, Dadang M Naser, Pemerintah Kabupateb Bandung memiliki target, hingga 2020 lebih dari 90 persen jalan berstatus kabupaten dalam kondisi mantap.

85 persen total jalan di Kabupaten Bandung, kata Cecep, semuanya merupakan jalan beton atau rigid, dipastikan untuk sisa sebanyak 15 persen akan perbaiki menggunakan kontruksi beton.

Cecep menambahkan, untuk anggaran pembangunan jalan beton, jauh lebih membengkak dibidangkan dengan pembangunan jalan menggunakan sistem hotmix.

"Memang secara biaya bengkak, tetapi beton biaya pemeliharaan lebih sedikit, sedangkan hotmix setiap tahunnya harus dilakukab perbaikan karena mengelupas," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul 85 Persen Jalan di Kabupaten Bandung Diklaim Dalam Kondisi Mantap

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Tribun Jabar

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa