Otoseken: Mau CVT Vario 125 - 150 Bekas Dibikin Adem? Begini Jurusnya

RZ-1 - Jumat, 9 November 2018 | 15:35 WIB
 Selain untuk dudukan v-belt, bagian pulley seperti sirip kipas itu berfungsi menyemprotkan udara melalui cover plastik bagian depan di cover CVT utama.
DOK. MOTOR PLUS
Selain untuk dudukan v-belt, bagian pulley seperti sirip kipas itu berfungsi menyemprotkan udara melalui cover plastik bagian depan di cover CVT utama.

GridOTO.com - Mau tahu gimana jurus bikin adem Continous Variable Timing (CVT) di Honda Vario 125 dan 150 bekas.

Pada ruang CVT terlihat pulley depan berbentuk seperti kipas.

Selain untuk dudukan v-belt, bagian pulley seperti sirip kipas itu berfungsi menyemprotkan udara melalui cover plastik bagian depan di cover CVT utama.

Dari bagian itu udara panas dialirkan keluar melalui belakang CVT.
(BACA JUGA; Otoseken: Ini Biang Kerok Grip Gas Berat di Honda Vario 150 Bekas )

Kalau Bila kondisi suhu pada CVT makin panas pastinya banyak dampak negatif.

Seperti v-belt jadi gampang selip dan karet v-belt juga gampang keras.

Selain itu juga, grease CVT  jadi gampang mencair (Gbr. 1).

Gbr. 1. Grease alias gemuk jadi gampang meleleh
DOK. MOTOR PLUS
Gbr. 1. Grease alias gemuk jadi gampang meleleh

“Melihat konstruksi seperti itu modifikasi aja bagian depan yang jadi tempat masuknya udara k. Caranya hanya modal solder,” ucap Dody Setiawan, pengguna Vario 125  2015.

Cowok demen oprek motor sendiri ini gak pelit bagi ilmu.

Pertama, buka dulu bagian cover plastik CVT pakai kunci L 5 pada ketiga bautnya.

(BACA JUGA; Honda Vario 150 Upgrade Kaki-kaki, Enggak Canggung Pakai Pelek Aerox)

Setelah itu baru deh terlihat cover duct bagian dalam.

“Kalau menggandalkan lubang udara aslinya memang kecil banget. Ayo bikin lubang tambahan secukupnya di samping. Tujuannya supaya udara bisa masuk membantu lubang utama (Gbr. 3),” tambah pria  bekerja di sebuah laboratorium di Cibitung, Jawa Barat.

Gbr. 2. Hanya membuat lubang tambahan
DOK. MOTOR PLUS
Gbr. 2. Hanya membuat lubang tambahan

Lah, nggak takut masuk air? 

Tenang, jurus ini sudah dibuktikan langsung oleh Dody dan hasilnya CVT  aman dan nggak ada air yang nyelonong.

Supaya lebih mudah melubanginya, buka satu baut pakai obeng plus.

Keuntungan dari memberi banyak lubang, udara yang masuk akan semakin maksimal dan ujung-ujungnya suhu di dalam CVT tetap terjaga.

(BACA JUGA: Otoseken: Honda Vario 150 2015, Dihargai Mulai 13 Jutaan)

Juga terhindar dari panas berlebih yang akan memberikan dampak buruk bagi banyak komponen (Gbr. 3).

Gbr. 3. Panas berlebih  bisa berdampak buruk buat komponen lain
DOK. MOTOR PLUS
Gbr. 3. Panas berlebih bisa berdampak buruk buat komponen lain

Bagian dalam yang sudah dilubangi, ketika cover plastik dipasang kembali ngga akan terlihat dari luar atau masih terlihat standar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : RZ-1

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa