Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Keliling Nusantara, Mobil Listrik Garapan ITS Tiba di Jakarta

Naufal Shafly - Jumat, 9 November 2018 | 14:01 WIB
Blits (Kanan) dan Kasuari (kiri) saat di Kantor PLN Jakarta Pusat
Naufal Shafly/GridOto.com
Blits (Kanan) dan Kasuari (kiri) saat di Kantor PLN Jakarta Pusat

GridOto.com - Mobil listrik garapan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Budi Luhur, dan PT PLN (Persero), yakni Blits dan Kasuari telah tiba di PLN UID Jakarta Raya pada Jumat (9/11).

Tibanya Blits dan Kasuari di PLN UID Jakarta Raya, merupakan rangkaian dari tour Keliling Nusantara yang dilakukan ITS selaku pembuat mobil Blits dan Kasuari.

Di PLN UID Jakarta Raya, Blits dan Kasuari melakukan pengisian baterai menggunakan SPLU agar dapat kembali melakukan perjalanan keliling nusantara dengan total jarak sekitar 15.000 km.

"PLN mendukung penuh pengembangan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya yaitu melalui BLITS hasil karya rekan2 dari ITS. PLN juga telah menyediakan SPLU untuk charging station sebagai bentuk dukungan kesiapan menyongsong era kendaraan listrik," ungkap Haryanto WS, Direktur PLN Regional Jawa Bagian Barat.

(BACA JUGA: Sempat Mejeng di GIIAS 2018, Apa Kabar Mobil Listrik Wuling E100?)

Dengan diisinya Kasuari dan Blits menggunakan SPLU PLN, hal ini membuktikan bahwa SPLU dinyatakan telah siap sebagai infrastruktur pengisian energi listrik untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik.

"Sampai dengan Oktober 2018 ini, jumlah SPLU di wilayah DKI Jakarta sudah mencapai 1.797 unit yang tersebar di wilayah DKI Jakarta pada akhir tahun 2017 ini," ucap Haryanto.

Nantinya, mobil listrik Blits direncanakan akan turun di kompetisi Reli Dakar 2021.

"Doakan kami, semoga nanti kami kuat hingga kembali lagi ke Surabaya nanti. Kami perkirakan finish di Surabaya Januari 2019," ucap Nur Yulianto, Dosen Pembimbing Project Blits dan Kasuari.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa