Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Manado Akan Berlakukan Tilang E-TLE Januari 2019

Hendra - Selasa, 6 November 2018 | 09:01 WIB
Skema penindakan E-TLE di Polda Sulut
Tribatanews
Skema penindakan E-TLE di Polda Sulut

GridOto.com- Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) akan diberlakukan awal Januari 2019 mendatang di Kota Manado.

Kombes Ari Subiyanto, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Utara memastikan pemberlakuan tilang elektronik di kota yang berjuluk Tinutuan.

Menurut Kombes Ari, E-TLE akan bertujuan untuk menangani pelanggaran rambu, marka, pelanggaran apil, pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran helm secara modern (elektronik).

"Ya November ini sedang dipersiapkan sarana prasarana dan Desember mendatang akan dilaksanakan uji coba," jelasnya.

(BACA JUGA : Tak Hanya di Jakarta, Bandung Juga Mulai Siapkan Tilang Elektronik)

Beberapa lokasi di Kota Manado akan dijadikan pilot project antara lain Pertigaan Paal 2, Pertigaan Rike, Perempatan Teling dan Jalan Ringroad.

AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan, S.I.K., M.Si., Kasubdit Gakkum Polda Sulut menambahkan, “Pelanggaran akan terekam CCTV atau speedcam, kemudian selanjutnya data pelanggaran diverifikasi oleh petugas posko E-TLE Subdit Gakkum untuk mengecek validitas pelanggaran dan data kendaraan bermotor,” katanya.

“Pelanggar nantinya akan dikirimkan surat konfirmasi ke alamat pemilik ranmor melalui PT Pos Indonesia atau melalui hp/whatsapp (pengiriman dilakukan 3 hari setelah pelanggaran),” ungkap Kasubdit Bin Gakkum Polda Sulut.

Para pelanggar nantinya akan melakukan konfirmasi ke Posko E-TLE atau aplikasi yang sudah disediakan untuk mendapatkan surat tilang biru dan kode BRI virtual/BRIVA sebagai metode pembayaran melalui Bank BRI dengan batas waktu pembayaran 7 hari.

“Jika denda tilang tidak dibayar atau tidak dikonfirmasi, maka STNK akan diblokir sementara dan dimasukan ke dalam data cari kendaraan pelanggaran,” tegas Perwira Menengah Polri tersebut.

(

Editor : Hendra
Sumber : Tribratanews.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa