Fakta Baru! Polisi Sebut Kecelakaan Lalu Lintas Bisa Sebabkan Kebodohan

M. Adam Samudra - Rabu, 22 Agustus 2018 | 10:45 WIB
Ilustrasi kecelakaan di jalur mudik
tribunnews.com
Ilustrasi kecelakaan di jalur mudik

GridOto.com - Angka kecelakaan di jalan yang masih cukup tinggi di Indonesia, harus segera diturunkan. 

Kecelakaan tidak hanya menimbulkan akibat yang fatal, seperti korban meninggal dunia dan korban cacat seumur hidup, tetapi juga menyebabkan kemiskinan secara sistematis.

"Yang jelas kecelakaan itu adalah melahirkan kebodohan," ujar Kasubdit Laka Direktorat Gakkum Korlantas Polri, Kombes Pol Djoko Rudi kepada GridOto.com di Jakarta, Rabu (22/8/2018).

"Kenapa bisa disebut prosesnya kebodohan? Karena kecelakaan itu akan memutus rantai kehidupan bagi orang tersebut," sambungnya.

(BACA JUGA: Wowww! Parkir di SPBU Ini Lewat 10 Menit Ban Bisa Kempis? Ini Jawaban Pertamina)

Dia mencontohkan, Kalau kecelakaan terjadi pada penduduk usia produktif, efek lanjutannya keluarga bisa miskin, bisa putus sekolah, bisa terjerat narkoba.

"Misalnya ada seseorang alami kecelakaan, kenapa akibat kecelakaan orang tersebut menjadi bodoh anak turunannya? karena orang tersebut tentu putus pekerjaan, akhirnya anak itu tidak bisa sekolah dan alami kebodohan, kemiskinan bahkan menjadi pengangguran akibat kecelakaan," bebernya.

Kecelakaan di jalan sangat bergantung pada kondisi jalan, kelengkapan rambu lalu lintas dan marka jalan, kondisi kendaraan, serta perilaku pengendara lalu lintas.

Demi mengurangi kecelakaan, pihak Kepolisian sangat fokus dalam melakukan edukasi pentingnya keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat.

(BACA JUGA: Terbongkar! Ada Praktik Calo SIM Libatkan Oknum PNS dan Anggota Polri, Ini Modus Pelaku)

"Untuk itu Polri akan terus memberikan perhatian demi memerangi kebodohan masyarakat," tegasnya.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X