Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Ini Tujuan Setel Klep di Mesin Motor

Luthfi Anshori - Minggu, 22 Juli 2018 | 09:17 WIB
Ilustrasi. Klep yang bocor bisa bikin busi gampang mati
Dok.OTOMOTIF
Ilustrasi. Klep yang bocor bisa bikin busi gampang mati

GridOto.com – Di dalam sebuah mesin, banyak part berbahan besi yang bergerak ketika motor beroperasi, klep atau valve adalah salah satunya.

Terletak pada bagian atas atau head, klep bekerja naik turun secara bergantian untuk menyalurkan campuran bensin dan udara ke ruang bakar dan membuang gas pembakaran ke lubang knalpot.

Seperti halnya komponen lainnya, kondisi klep perlu diperiksa dan disetel ulang apabila sudah memasuki masa tertentu.

Buat yang belum tahu, sebetulnya apa sih  tujuan setel ulang klep?

(BACA JUGA: Ducati Punya Teknologi Baru, Katanya Bisa Bikin Anti Nabrak!)

“Klep di mesin perlu disetel ulang sesuai dengan spesifikasi standar pabrikan agar kondisi dan performa motor tetap terjaga,” buka Chairul Anwar, Mekanik AHASS Honda Wahana Ciputat, Tangerang Selatan kepada GridOto.com (17/7).

Seiring pemakaian, mekanisme klep didalam mesin yang terus menerus bergerak dapat mengalami pergeseran atau aus sehingga perlu disetel kembali.

“Semakin lama, jarak klep dengan pelatuk klep bisa melebar atau renggang, kurang lebih sama seperti rantai, sama-sama perlu disetel biar enak lagi saat motor dipakai,” lengkapnya.

Selain itu, setel klep juga bertujuan agar bahan bakar yang terpakai tidak terbuang sia-sia sehingga kerja mesin lebih efisien seperti layaknya motor baru keluar dari pabrikan.

Tujuan lainnya supaya tidak timbul suara kasar yang bersumber dari kondisi klep yang renggang ketika mesin beroperasi.

Editor : Luthfi Anshori

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa