Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inilah Pertanda Fisik Sokbreker Depan Motor Yang Sudah Bocor

Luthfi Anshori - Selasa, 3 Juli 2018 | 15:00 WIB
Ilustrasi pembongkaran sokbreker depan motor
Farhan
Ilustrasi pembongkaran sokbreker depan motor

GridOto.com – Ketika terdapat kerusakan atau mengalami penurunan fungsi, komponen pada motor biasanya dapat dikenali dari penampilannya yang berubah.

Menurut mekanik yang biasa menangani sokbreker motor, jika sudah ada kebocoran oli bisa dilihat nih dari fisiknya.

“Tandanya keluar oli sokbreker pada area sil dan batang as sokbreker depan motor, jadinya pas dipegang terasa licin dan berminyak,” kata Haryanto, pemilik bengkel spesialis sokbreker Dewa Motor di Ciganjur, Jakarta Selatan kepada GridOto.com.

Sebabnya adalah karet sil sokbreker sudah tidak rapat lagi karena usia pakai atau terdapat kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan sehingga sil jadi cepat rusak.

(BACA JUGA: Bocor Nih , Pesaing Honda CBR250RR dari Yamaha Bakal Hadir Tahun Depan)

Kalau sudah begini, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penggantian sil sokbreker depan supaya tak bocor lagi.

“Tanda lain yang jadi sebab kebocoran pada oli sokbreker adalah adanya baret atau goresan pada as sokbreker depan.” tambah Haryanto.

Misalkan as sokbreker depan sudah baret, Cara memperbaikinya adalah dengan membongkar sokbreker depan dan diganti as sokbrekernya dengan yang baru.

Supaya sokbreker depan tak cepat bocor, cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan kebersihan sekitar area as dan sil sokbreker motor.

 

Editor : Bimo Aribowo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa