Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenperin Sebut Mobil Pedesaan Bisa Percepat Pembangunan Daerah Pinggiran

M. Adam Samudra - Rabu, 27 Juni 2018 | 15:45 WIB
Mobil pedesaan kreasi Sukiyat dari Bengkel Kiat Motor Klaten, Jawa Tengah
kemenperin
Mobil pedesaan kreasi Sukiyat dari Bengkel Kiat Motor Klaten, Jawa Tengah

GridOto.com- Kementerian Perindustrian hingga kini terus mempercepat pengembangan program Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Tujuan utamanya adalah untuk memacu kegiatan ekonomi pedesaan dan penguasaan teknologi otomotif.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Harjanto mengatakan, hal ini sejalan dengan semangat NAWA CITA Jokowi-JK untuk membangun Indonesia dari pinggiran.

“AMMDes dirancang dengan fungsi multiguna, fungsi transportasi untuk memobilisasi hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan,” kata Harjanto melalui keterangan resminya di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

(BACA JUGA: Sirkuit Mijen Semarang Dianggap Berbahaya, Netizen Tuntut Pembenahan)

Nantinya, AMMDes dapat membantu Kelompok Usaha Bersama (KUB), Koperasi, Gapoktan, Bumdes dan kelompok petani atau nelayan lainnya untuk mengangkut dan memproduksi hasil panennya.

Tak hanya itu, AMMDes juga dapat memperlancar penyediaan sarana produksi dan membantu mempercepat distribusi barang antara kota dan desa.

“AMMDes ini dilengkapi spesifikasi teknis khusus untuk dapat mengakses daerah-daerah yang selama ini pembangunan infrastrukturnya tertinggal," ujarnya.

"Dengan akses yang lebih bagus akan menstimulus kegiatan ekonomi di wilayah tersebut sehingga mengurangi ketimpangan antara desa dan kota,” jelasnya.

(BACA JUGA: Waduh, Biaya Modif Innova Berwajah Fortuner Bisa Beli Fortuner Baru!)

Harjanto menilai, program AMMDes juga membuka peluang bagi pelaku industri untuk menguasai kemampuan bidang penelitian dan pengembangan (R&D), terutama rancang bangun dan teknologi desain.

“Penguasaan teknologi ini sangat penting sebagai landasan pengembangan dan kemandirian industri dalam negeri ke depan,” tegasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa