Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingin Pasang Indikator Gear Tambahan, Bisa di Motor Apa Saja?

Luthfi Anshori - Kamis, 14 Juni 2018 | 14:34 WIB
Ilustrasi indikator gigi tambahan pada motor
healtech-electronics
Ilustrasi indikator gigi tambahan pada motor

GridOto.com – Ketidakhadiran fitur indikator posisi gear atau gigi di motor dapat diatasi dengan memasang indikator gigi tambahan.

Aksesori ini kira-kira bisa dipasang di motor apa saja ya?

"Pada dasarnya indikator gigi tambahan bersifat universal dan dapat dipasang ke semua motor bertransmisi manual, asalkan switch netral pada motor sudah ada sensor angkanya," kata Ilham, pemilik toko Varialed.com kepada Gridoto (11/6).

Bagi motor yang belum ada sensor angka pada switch netral-nya, agar indikator gigi tambahan dapat terpasang maka switch netral perlu diubah atau diganti.

(BACA JUGA:Terjangkau, Berikut adalah Biaya Perbaikan Motor Pakai Metode Press)

"Mudahnya bisa subtitusi switch netral antar motor sejenis. Contohnya Yamaha V-Ixion tukar pasang dengan Jupiter MX, Honda CB150R dengan Sonic/CBR150, Suzuki Satria FU dengan Satria FU Injeksi," tambahnya.

Sedangkan untuk pemasangan indikator gigi tambahan bermerek seperti keluaran Starlane atau Healtech, umumnya sudah tersedia kabel khusus.

"Sejauh ini sudah terpasang pada beragam jenis motor, pasangnya tinggal jumper kabel di motor," ujar Fuifui dari One3 Motoshop melalui pesan singkat pada GridOto (11/6).

Meskipun terdapat perbedaan proses pemasangan, indikator gigi tambahan ternyata bisa dipasang hampir ke seluruh motor yang menggunakan transmisi manual dan semi otomatis, alhasil gak perlu bingung lagi nih waktu oper gigi.

Editor : Luthfi Anshori

Kok Oli Gardan Motor Matic Masih Bening Setelah Lama Digunakan?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa